Merusak Momen Natal, KSTP Serang Pos Pamtas TNI di Papua, Satu Prajurit Gugur

Kamis, 04 Januari 2024 – 14:47 WIB
Merusak Momen Natal, KSTP Serang Pos Pamtas TNI di Papua, Satu Prajurit Gugur - JPNN.com Papua
Dua prajurit dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti khusus penjaga wilayah perbatasan di Papua diserang Kelompok Separatis Teroris  Papua (KSTP) di Kampung Bousah, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (25/12/2023). Foto: Puspen TNI

papua.jpnn.com, MAYBRAT - Dua prajurit dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti khusus penjaga wilayah perbatasan di Papua diserang Kelompok Separatis Teroris  Papua (KSTP) di Kampung Bousah, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (25/12/2023).

Akibat penyerangan ini, seorang prajurit TNI gugur atas nama Kopda Hendrianto dan satu prajurit lagi Pratu Frangky Gulo dalam keadaan kritis.

Insiden yang menodai hari Natal ini dilakukan oleh kelompok sayap Organisai Papua Merdeka (OPM) pimpinan Manfred Fatem.

KSTP secara tiba-tiba melakukan penyerangan ke arah Pos Bousha pada Senin, 25 Desember 2023 Pukul 14.00 WIT dengan jarak 100 meter.

Korban yang kritis saat ini masih dalam perawatan Rumah Sakit Teminabuan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sementara korban yang meninggal masih disemayamkan.

Menurut informasi, saat itu di wilayah Bousha Distrik Aifat Selatan cuaca hujan mendung sehingga untuk mobilitas pergerakan dan komunikasi mengalami kendala karena tidak adanya sinyal internet dan telepon selular.

Kapuspen TNI Brigjen TNI Dr. Nugraha Gumilar melalui rilis tertulisnya membenarkan kejadian itu.

“Ya, benar itu, KSTP melakukan penyerangan pos Satgas Pamtas di Kabupaten Maybrat,  Papua Barat Daya yang mengakibatkan satu prajurit gugur dan satu luka berat. Untuk detail insiden masih dalam penyelidikan,” ujar Kapuspen TNI.(fri/jpnn)

Dua prajurit dari Satgas Yonif 133/Yudha Sakti khusus penjaga wilayah perbatasan di Papua diserang KSTP di Kampung Bousah, Distrik Aifat Selatan, Maybrat.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News