BPBD Papua Imbau Setiap Kabupaten dan Kota Buat Mitigasi Bencana

Jumat, 25 November 2022 – 14:19 WIB
BPBD Papua Imbau Setiap Kabupaten dan Kota Buat Mitigasi Bencana - JPNN.com Papua
Kepala BPBD Papua Welliam R Manderi. Foto: ANTARA/Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mengimbau kepada seluruh kabupaten/kota agar segera membuat mitigasi bencana.

Pasalnya, sebanyak 65 persen bentuk bencana setempat, yakni hidrometeorologi sering terjadi saat musim hujan.

Kepala BPBD Papua Welliam R Manderi juga meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan selama memasuki cuaca ekstrem apalagi pada malam hari.

"Setiap hari kami selalu memberikan pemberitahuan tentang kondisi terkini sehingga dapat menjadi informasi bagi pemerintah kabupaten/kota dan masyarakat agar meningkatkan lebih waspada," kata Welliam kepada ANTARA di Jayapura, Kamis (24/11).

Menurut Welliam, masyarakat dapat mengakses pemberitahuan kondisi terkini melalui media sosial, untuk itu pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setempat sehingga mendapatkan informasi yang akurat mengenai cuaca terkini.

“Misalnya pada warga yang tinggal di perbukitan, ketika ada informasi BMKG berkaitan dengan cuaca ekstrem maka masyarakat harus siaga,” ujarnya.

Dia menjelaskan mitigasi ada dua, struktural yaitu dengan melakukan upaya teknis, secara alami atau buatan, untuk mencegah atau memperkecil kemungkinan timbulnya bencana dan dampaknya.

"Sedangkan non struktural, yaitu mitigasi bencana yang bentuknya menyesuaikan dan pengaturannya sesuai kegiatan manusia," katanya.

BPBD Provinsi Papua mengimbau seluruh kabupaten/kota agar segera membuat mitigasi bencana.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News