BPBD Jayapura Siapkan Mobil Damkar untuk Antisipasi Bencana Kebakaran

Selasa, 20 Juni 2023 – 08:03 WIB
BPBD Jayapura Siapkan Mobil Damkar untuk Antisipasi Bencana Kebakaran - JPNN.com Papua
Kepala BPBD Kabupaten Jayapura Jan W. Rumere. Foto: ANTARA/Agustina Estevani Janggo

papua.jpnn.com, SENTANI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan mobil pemadam kebakaran (damkar) guna mengantisipasi bencana kebakaran saat kemarau.

Kepala BPBD Jayapura Jan W. Rumere mengatakan pihaknya memiliki dua mobil damkar yang dapat digunakan pada situasi darurat kebakaran.

“Wilayah yang harus diwaspadai ketika kemarau yakni yang banyak rumput ilalang dan berada pada ketinggian atau di pegunungan,” kata Jan di Sentani, Senin (19/6).

Dia mengatakan kawasan atau wilayah pegunungan di Kabupaten Jayapura yang sering langganan kebakaran yakni di Ifar Gunung di Distrik Sentani.

“Kami telah menyiagakan armada pemadam kebakaran agar saat terjadi peristiwa maka tim dengan cepat dapat melakukan penanganan atau pertolongan,” ujar Jan Rumere.

Dia menjelaskan ketika kemarau datang maka air permukaan akan berkurang dan mengakibatkan kekeringan sehingga jika ada angin maka rumput ilalang bergesek dan dapat terjadi kebakaran.

“Kami imbau agar masyarakat yang berada pada kawasan rawan kebakaran agar senantiasa waspada dan melakukan tindakan mitigasi dengan menyelamatkan diri terlebih dahulu,” katanya.

Dia juga melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman tentang tindakan penyelamatan saat terjadi bencana.

BPBD Kabupaten Jayapura, Papua menyiapkan mobil pemadam kebakaran (damkar) guna mengantisipasi bencana kebakaran saat kemarau.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia