BPBD Papua Perkuat Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Akibat Perubahan Iklim

Senin, 06 Maret 2023 – 12:05 WIB
BPBD Papua Perkuat Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Akibat Perubahan Iklim - JPNN.com Papua
Kepala BPBD Papua William Manderi. Foto: ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua memperkuat kesiapsiagaan hadapi bencana akibat perubahan iklim.

Kepala BPBD Papua William Manderi mengatakan dengan kesiapsiagaan terhadap bencana maka akan meminimalisasi korban, mengingat 75 persen bencana yang terjadi akibat perubahan iklim.

Dalam melaksanakan kesiapsiagaan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat, sehingga warga yang bermukim di kawasan rawan bencana seperti lereng gunung atau pinggiran sungai dapat bersiaga saat terjadinya perubahan iklim, misalnya curah hujan yang tinggi.

"Sosialisasi harus sering dilakukan guna meminimalisir jatuhnya korban saat bencana terjadi karena warga sudah siaga, misalnya dengan pindah ke rumah sanak keluarga yang rumahnya tidak rawan bencana," kata Manderi kepada Antara di Jayapura, Senin ((6/3).

Ketika ditanya tentang alokasi anggaran untuk BPBD Papua, Manderi mengaku mengalami penurunan karena saat ini Papua sudah dibagi menjadi empat provinsi.

Dengan adanya penambahan tiga daerah otonomi baru sehingga menjadi empat provinsi maka anggaran yang diterima berkurang.

Pada tahun 2022 BPBD Papua menerima anggaran Rp 45 miliar dan pada tahun 2023 menurun menjadi sekitar Rp 25 miliar.

"Walaupun terjadi penurunan penerimaan anggaran, namun BPBD Papua tetap berupaya memberikan pelayanan yang maksimal,” kata Willam Manderi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua memperkuat kesiapsiagaan hadapi bencana akibat perubahan iklim.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News