Kasus Diare Meningkat di Kota Jayapura, 43 Anak Dirawat

Selasa, 15 November 2022 – 19:33 WIB
Kasus Diare Meningkat di Kota Jayapura, 43 Anak Dirawat - JPNN.com Papua
Pasien Diare yang mendapat perawatan di RSUD Abepura. Foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kasus diare di kota Jayapura dalam tiga hari terakhir melonjak tajam.

Data dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura sejak minggu (13/11) hingga Rabu (15/11) tercatat sebanyak 43 anak yang dirawat di rumah sakit itu akibat diare.

Kepala Bidang Medik RSUD Abepura, Vero Pikey mengatakan pada Minggu, 13 November pihaknya menerima 22 pasien anak dengan keluhan yang sama, yakni diare.

"Awalnya itu hari Minggu, kami terima pasien anak sebanyak 16 anak yang berdatangan di waktu yang hampir bersamaan. Keluhan mereka sama, mencret, demam dan muntah," ungkap dokter Vero, Selasa (15/11).

Sementara pada Senin (14/11) kemarin ada penambahan pasien anak 8 orang dan hari ini bertambah 14 anak.

"Dalam tiga hari ini sudah 43 anak yang kami rawat, dua di antaranya sudah pulang, Jadi, hingga kini ada 41 anak yang masih dirawat dengan keluhan penyakit diare," ujarnya. 

Dokter Vero menjelaskan sejak kasus ini meningkat, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan kota Jayapura dan Dinkes Provinsi Papua guna mencari penyebab dari melonjaknya kasus diare.

Pasalnya, hampir 90 persen pasien yang datang berasal dari daerah yang sama.

"Hari minggu itu kita sudah lapor ke dinkes kota dan Provinsi dan mereka sudah ambil sampel untuk nantinya di teliti agar jelas apa penyebab dari diare masal ini," beber Vero.

Kasus diare di kota Jayapura dalam tiga hari terakhir melonjak tajam. Tercatat 43 anak mengalami menceret, demam dan muntah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia