RSUD Mimika Lakukan Tes Cepat HIV untuk Pasien Rawat Jalan & Inap

Jumat, 08 Desember 2023 – 10:38 WIB
RSUD Mimika Lakukan Tes Cepat HIV untuk Pasien Rawat Jalan & Inap - JPNN.com Papua
Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu . Foto:ANTARA/Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, TIMIKA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah melakukan pemeriksaan cepat Human Immunodeficiency Virus (HIV) bagi pasien rawat jalan dan inap.

Hal itu dilakukan terkait tingginya angka kasus HIV di daerah ini.

Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu mengatakan sepanjang Januari hingga November 2023, pihaknya telah melakukan tes cepat HIV bagi 3.016 orang yang bersedia ketika menjalani perawatan kesehatan di rumah sakit ini.

“Dari 3.016 pemeriksaan yang telah dilakukan, didapati ada 197 orang yang positif HIV dan 2.784 dinyatakan negatif,” kata dokter Antonius di Timika, Jumat (8/12).

Dia menyebut 6,5 persen dari total jumlah pemeriksaan dinyatakan terjangkiti HIV. 

Oleh karena kasus di Papua tinggi maka semua pasien yang datang ke poliklinik rawat jalan maupun inap ditawarkan untuk melakukan pemeriksaan HIV.

“Kami akan menawarkan terlebih dahulu untuk melakukan rapid (tes cepat) HIV jika disetujui maka akan dilakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dia menjelaskan apabila hasil pemeriksaan positif maka akan dilanjutkan dengan pengobatan pada fasilitas kesehatan sesuai pilihan pasien.

RSUD Mimika di Provinsi Papua Tengah melakukan pemeriksaan cepat HIV bagi pasien rawat jalan dan inap.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia