Pengamat Dorong Anak Muda Berperan Jaga Keamanan Siber Pemilu

Selasa, 13 Februari 2024 – 07:56 WIB
Pengamat Dorong Anak Muda Berperan Jaga Keamanan Siber Pemilu - JPNN.com Papua
Arsip foto - Warga mengantre mengambil kertas suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat simulasi Pemilihan Umum di halaman Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (15/4/1970). Foto: ANTARA FOTO/IPPHOS/asf/Koz/aa

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mendorong anak muda berperan menjaga keamanan siber Pemilu 2024 terutama demi keterjaminan data masyarakat.

“Cari anak bangsa yang ahli dan bertanggung jawab untuk bisa menjaga keamanan data siber," kata Ujang kepada pers di Jakarta, Selasa (13/2).

Ujang menuturkan hingga kini masih ada isu data siber sering kali ditembus oknum tak bertanggung jawab dan dikhawatirkan data tersebut dijual di pasar gelap.

Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah perlu melibatkan peran anak muda dalam bidang teknologi informasi (IT) ataupun teknologi lainnya untuk bisa menjaga data-data rahasia tersebut agar tak mudah diretas.

“Perlu mencari ahli di bidangnya untuk bisa menjaga data siber tersebut agar pemilu berjalan dengan keadilan berintegritas dan tidak ada kecurangan,” katanya.

Dia menyarankan pemerintah terus mencari bibit-bibit unggul anak muda berkemampuan baik yang berkuliah di dalam maupun luar negeri.

Anak-anak ini diharapkan memiliki komitmen serta integritas dalam menjaga data negara khususnya dalam momen Pemilu 2024.

“Ya, diharapkan mereka bisa menjaga data itu untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024," ujarnya.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mendorong anak muda berperan menjaga keamanan siber Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia