Program TEKAD Perkuat Peran Mama-Mama Papua untuk Menggerakkan Ekonomi di Desa

Senin, 07 Oktober 2024 – 22:11 WIB
Program TEKAD Perkuat Peran Mama-Mama Papua untuk Menggerakkan Ekonomi di Desa - JPNN.com Papua
Fasilitator TEKAD di Distrik Anggi, Farid Maulidan bersama mama-mama Papua dalam menggerakkan ekonomi di Kampung Iraiweri, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Foto: Kemendes PDTT

papua.jpnn.com, PEGUNUNGAN ARFAK - Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) mendorong peran mama-mama Papua dalam menggerakkan ekonomi di level desa. Salah satunya di Kampung Iraiweri, Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Salah satu Fasilitator TEKAD di Distrik Anggi, Farid Maulidan mengatakan para mama di Kampung Iraiweri memiliki semangat dan potensi yang luar biasa dalam mengembangkan pertanian.

Namun, selama ini mereka sering terabaikan dalam perencanaan ekonomi kampung.

“Program TEKAD hadir untuk memastikan suara mereka didengar dan kapasitas mereka diperkuat, sehingga perempuan tidak hanya bekerja di ladang, tetapi juga bisa menjadi penggerak utama pembangunan ekonomi kampung,” ujar Farid Maulidan, Senin (07/10/2024).

Untuk diketahui, Kampung Iraiweri di Distrik Anggi, terletak di pesisir Danau Anggi Giji, terkenal dengan potensi pertanian dan perikanannya yang melimpah.

Di balik geliat pertanian yang mendominasi wilayah ini, ada kekuatan besar yang kerap tak terlihat namun memegang peran penting yaitu para perempuan lokal.

Namun, selama ini peran besar ini tidak diimbangi dengan pengetahuan mendalam.

Farid mengungkapkan selama ini, sekitar 80 persen pekerjaan pertanian di kampung Iraiweri dilakukan oleh perempuan—mulai dari pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, hingga pemanenan.

Program TEKAD mendorong peran mama-mama Papua dalam menggerakkan ekonomi di level desa.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News