Kelompok Penerima Bantuan TEKAD Dorong Hilirisasi Komoditas Unggulan di Kampung Oransbari

Selasa, 22 Oktober 2024 – 17:46 WIB
Kelompok Penerima Bantuan TEKAD Dorong Hilirisasi Komoditas Unggulan di Kampung Oransbari  - JPNN.com Papua
Fasilitator Program TEKAD Kabupaten Manokwari Selatan mendorong hilirisasi komoditas unggulan berbagai desa di Kampung Oransbari, Manokwari Selatan, Papua Barat, yaitu megembangkan olahan buah kelapa menjadi minyak goreng dan minyak kelapa murni. Foto: Kemendes

papua.jpnn.com, MANOKWARI SELATAN - Program Transformasi Kampung Terpadu (TEKAD) terus mendorong hilirisasi komoditas unggulan berbagai desa di kawasan Indonesia Timur.

Salah satunya olahan buah kelapa menjadi minyak goreng dan minya kelapa murni di Kampung Oransbari, Manokwari Selatan, Papua Barat. 

Saat ini Kelompok Penerima Bantuan (KPB) TEKAD di Kampung Oransbari berhasil memproduksi minyak goreng dan minyak kelapa murni (VCO) dalam berbagai kemasan botol dan plastic berbagai ukuran.

Produk tersebut disalurkan ke konsumen melalui pasar maupun toko-toko sembako di Kabupaten Manokwari Selatan.

Minyak goreng dan VCO ini diproses dari bahan baku 100 persen kelapa lokal, menjadikannya berkualitas tinggi, ramah lingkungan, dan bernilai ekonomi tinggi.

“Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa potensi lokal, jika dikelola dengan baik dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Melalui kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan Program TEKAD, Kampung Oransbari bertransformasi menjadi desa yang mandiri dan berdaya saing,” ujar Hamka selaku Fasilitator Program TEKAD Kabupaten Manokwari Selatan, Selasa (22/10/2024).

Hamka juga menyatakan kerja keras kelompok dari Oransbari ini  juga membuka peluang kerja sama dengan berbagai pasar lokal dan regional.

Menurut Hamka, jaringan distribusi minyak goreng dan VCO Oransbari berpeluang semakin luas dengan semakin meningkatnya jumlah konsumen.

Program Transformasi Kampung Terpadu (TEKAD) terus mendorong hilirisasi komoditas unggulan berbagai desa di kawasan Indonesia Timur.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News