Senator Filep Dorong Percepatan Pengadaan Dokter Spesialis di Papua

Senin, 13 Mei 2024 – 14:51 WIB
Senator Filep Dorong Percepatan Pengadaan Dokter Spesialis di Papua - JPNN.com Papua
Senator atau anggota DPD RI Dr. Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Senator atau anggota DPD RI Dr. Filep Wamafma memperoleh sejumlah pengaduan masyarakat Papua Barat yang cukup menohok.

Filep mengatakan masyarakat melaporkan minimnya aktivitas pelayanan di Rumah Sakit Umum milik pemerintah maupun swasta.

“Saya mendapat informasi berupa pengaduan masyarakat bahwa di Papua ini ternyata pelayanan di rumah sakit masih sangat terbatas. Misalnya di Unit Gawat Darurat (UGD) dokternya tidak ada di tempat,” ujar Filep Wamafma pada, Senin (13/5/2024).

Lebih lanjut, Senator Filep mengatakan dokter ahli terbatas, sementara pasien membutuhkan tindakan cepat.

“Bagi saya, inilah potret Papua sekarang di tengah melimpahnya dana Otsus. Ini menjadi sebuah ironi yang tidak bisa dibiarkan,” tegas Filep.

Terkait kondisi ini, Pace Jas Merah itu selanjutnya mengkritik keras kepada pihak-pihak terkait mengenai pembangunan layanan kesehatan di Papua.

“Kadang saya heran karena yang ditekankan pemerintah pusat, pemprov dan pemda lebih banyak dalam pembangunan infrastuktur misalnya jalan dan gedung pemerintah. Padahal yang urgen dan mendasar ialah kesehatan dan pendidikan sebagai perintah utama UU Otsus. Keselamatan, kesehatan, pendidikan, kemanusiaan, itu yang harus jadi fokus dan indikator keberhasilan Otsus,” kata Filep.

Wakil Ketua Komite I DPD RI ini lantas menyampaikan argumentasi hukumnya.

Senator atau anggota DPD RI Filep Wamafma memperoleh sejumlah pengaduan masyarakat Papua Barat yang cukup menohok di bidang kesehatan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia