Indonesia dan Papua Nugini Perkuat Kerja Sama Kelola Perbatasan Negara

Minggu, 12 Mei 2024 – 07:40 WIB
Indonesia dan Papua Nugini Perkuat Kerja Sama Kelola Perbatasan Negara - JPNN.com Papua
Menlu RI Retno Marsudi (kemeja putih kanan) hadir dalam pertemuan Indonesia dan Papua Nugini dalam rangka memperkuat kerja sama pengelolaan perbatasan negara. Foto: ANTARA/HO-Kemendagri

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Indonesia dan Papua Nugini menggelar pertemuan tingkat menteri Joint Ministerial Comission (JMC) RI-PNG di Jayapura dalam rangka memperkuat kerja sama terkait dengan pengelolaan perbatasan negara.

“Dengan adanya hasil-hasil pertemuan SOM (Senior Official Meeting) dan JMC ini, tentunya menjadi landasan untuk ditindaklanjuti dan dimonitor dalam pembahasan terhadap kemajuannya secara teknis dalam forum JBC RI-PNG pada masa persidangan tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Indonesia pada akhir tahun ini,” kata Pelaksana Harian Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Amran dalam keterangan tertulis pada Sabtu (11/5).

Pertemuan tersebut diselenggarakan pada tanggal 8-9 Mei 2024 oleh Kementerian Luar Negeri Papua Nugini di Jayapura. Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi.

Amran yang juga menjabat sebagai Ketua Join Border Comittee (JBC) RI-PNG menyambut baik hasil-hasil SOM dan JMC yang dilaksanakan oleh kedua negara.

JBC sendiri diketahui sebagai forum yang lebih teknis membahas kerja sama pengelolaan perbatasan RI-PNG

Dia menerangkan Forum SOM dan JMC merupakan forum resmi dalam mengambil kebijakan-kebijakan politis yang memberikan dampak positif dan saling melengkapi komitmen RI-PNG pada Forum JBC RI-PNG yang selama ini dilaksanakan dan diketuai oleh Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Pada kegiatan tersebut, Amran beserta pejabat terkait lainnya juga menyempatkan diri untuk melihat kemajuan pembangunan sekolah di perbatasan Skow-Wutung.

Pertemuan ini merupakan pertemuan ke-4 sejak forum ini dibentuk pada tahun 2003. Pertemuan yang diselenggarakan secara bergantian oleh kedua negara ini telah dilaksanakan pada tahun 2003, 2010, dan 2023.

Indonesia dan Papua Nugini menggelar pertemuan di Jayapura dalam rangka memperkuat kerja sama terkait dengan pengelolaan perbatasan negara.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia