Satgas Yonif 122/TS Amankan Prosesi Adat di Perbatasan RI-PNG

Senin, 11 Desember 2023 – 13:56 WIB
Satgas Yonif 122/TS Amankan Prosesi Adat di Perbatasan RI-PNG - JPNN.com Papua
Prajurit Yonif 122/TL membantu pengamanan prosesi adat menjelang musim berburu yang digelar warga kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua Foto: ANTARA/HO/Pendam XVII Cenderawasih

papua.jpnn.com, MERAUKE - Prajurit Satgas Yonif 122/TL yang bertugas di Waris, Kabupaten Keerom, Papua, mengamankan prosesi adat Suku Walsa dan Suku Fermanggem yang berada di perbatasan RI-PNG.

Kedua suku itu mendiami Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Danpos Waris Letda Inf Hasan Basri menjelaskan prosesi adat yang dilaksanakan berupa pentas tari ritual penyambutan yang dikenal dengan nama tari Dewa.

Kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali itu biasanya dilakukan menjelang musim berburu.

“Memang benar dari penuturan warga terungkap prosesi tarian adat itu hanya dilakukan menjelang musim berburu bagi masyarakat Kampung Banda," ujar Letda Inf Hasan Bisri dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/12).

Selain itu, dia meyakini tari-tarian tersebut dapat memberikan penyembuhan dan dampak positif bagi warga.

“Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang harus dilestarikan karena menjadi salah satu kearifan lokal bagi masyarakat sekitar yang tidak dapat dipisahkan sekaligus warisan secara turun-temurun dari leluhur,” kata Hasan Basri.

Menurut dia, kegiatan tersebut berlangsung hikmat, dihadiri sekitar 500 orang yang berasal dari kampung sekitarnya.

Prajurit Satgas Yonif 122/TL yang bertugas di Waris, Kabupaten Keerom, Papua mengamankan prosesi adat Suku Walsa dan Suku Fermanggem di perbatasan RI-PNG.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia