Satgas Yonif 122/TS Pos Kout Intensifkan Patroli di Jalan Tikus Perbatasan RI-PNG

Senin, 28 Agustus 2023 – 05:24 WIB
Satgas Yonif 122/TS Pos Kout Intensifkan Patroli di Jalan Tikus Perbatasan RI-PNG - JPNN.com Papua
Satgas Yonif 122/TS Pos Kout Pamtas RI-PNG menggelar patroli pada jalan tidak resmi alias jalan tikus di sepanjang Kabupaten Keerom, Papua perbatasan RI-PNG. Foto: Pendam XVII/Cenderawasih

papua.jpnn.com, KEEROM - Personel Satuan Tugas (Satgas) Yonif 122/Tembok Sakti (TS) Pos Kout Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Papua Nugini (RI-PNG) mengintensifkan patroli di jalan tidak resmi (jalan tikus) di sepanjang Kabupaten Keerom, Papua, perbatasan RI-PNG.

Wadansatgas Kapten Inf Adi Prayogo mengatakan patroli bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa saat melakukan kegiatan lintas batas negara harus mengantongi identitas resmi.

"Jika tidak mengantongi identitas resmi, maka termasuk dalam tindakan melanggar hukum karena telah melakukan perjalanan lintas batas negara tanpa dokumen resmi,” kata Kapten Adi Prayogo seperti dilansir Antara, Minggu (27/8).

Menurut dia, pihaknya melakukan patroli selama dua hari mulai Jumat (25/8) hingga Sabtu (26/8) dalam rangka mengantisipasi adanya aksi penyusupan dan penyelundupan di sepanjang perbatasan RI-PNG.

“Satgas Yonif 122/TS menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG, dengan mengedepankan bidang pengamanan dengan melaksanakan pemeriksaan jalan lintas,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya rutin melakukan patroli patok dan patroli jalur perlintasan ilegal untuk mencegah penyusupan dan penyelundupan.

“Terkadang ada pihak yang mencoba melewati jalan tikus dengan tujuan ilegal. Untuk itu, kami selalu siap siaga menjaga keutuhan batas wilayah RI-PNG,” katanya.

Dia menambahkan jalan tikus perbatasan kerap dijadikan para pelaku untuk menyelundupkan barang-barang ilegal ke wilayah Indonesia.

Satgas Yonif 122/Tembok Sakti (TS) Pos Kout Pengamanan Perbatasan RI-PNG mengintensifkan patroli di jalan tikus di sepanjang Kabupaten Keerom, Papua.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News