Lapas Manokwari Usulkan 107 Narapidana Terima Remisi Idulfitri 2024

Senin, 01 April 2024 – 16:17 WIB
Lapas Manokwari Usulkan 107 Narapidana Terima Remisi Idulfitri 2024 - JPNN.com Papua
Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari Jumadi saat ditemui awak media di Manokwari, Papua Barat, Senin (1/4/2024). Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Manokwari, Provinsi Papua Barat, telah mengusulkan sebanyak 107 warga binaan untuk memperoleh remisi khusus pada Hari Raya Idulfitri 2024 atau 1445 Hijriah.

Kepala Lapas Kelas IIB Manokwari Jumadi mengatakan 107 dari 150 warga binaan beragama di Islam itu berstatus narapidana yang telah memenuhi syarat administratif maupun substantif.

“Usulan remisi dilakukan dua kali, pertama 100 orang dan tujuh orang usulan susulan," kata Jumadi di Manokwari, Senin (1/4/2024).

Dia menjelaskan program remisi khusus bagi warga binaan berstatus narapidana merupakan pengurangan masa hukuman, dan akan mengurangi beban negara terhadap alokasi anggaran makan narapidana.

Program remisi juga merupakan salah satu langkah strategis dalam mengurai masalah kelebihan daya tampung warga binaan (tahanan dan narapidana) di Lapas Manokwari yang telah mencapai 300 persen lebih.

“Daya tampung Lapas Manokwari hanya 120 orang tapi per hari ini jumlah warga binaan sudah 444 orang," ujar Jumadi.

Kepala Seksi Binadik Lapas Kelas IIB Manokwari Penina Edoway menjelaskan, proses pengusulan remisi bagi narapidana dilakukan melalui Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) oleh tim asesmen.

Usulan remisi dari setiap lapas maupun rumah tahanan di seluruh Indonesia, terlebih dahulu diverifikasi pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM.

Lapas Kelas IIB Manokwari, Provinsi Papua Barat telah mengusulkan sebanyak 107 warga binaan untuk memperoleh remisi khusus pada Hari Raya Idulfitri 2024.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News