Pemprov Papua: Silaturahmi Wujud Toleransi Antarumat Beragama

Kamis, 11 April 2024 – 22:57 WIB
Pemprov Papua: Silaturahmi Wujud Toleransi Antarumat Beragama - JPNN.com Papua
Tampak sanak keluarga dan rekan-rekan Muslim dan nonmuslim memberi ucapan selamat lebaran di kediaman Plt. Asisten II Sekda Pemprov Papua Suzana Wanggai di Jayapura, Kamis (11/4) malam (11/4/2024). ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pelaksana tugas (Plt) Asisten II Sekda Pemprov Papua Suzana Wanggai mengatakan silaturahmi saat Lebaran Idulfitri dan hari besar keagamaan di Papua merupakan wujud toleransi antarumat beragama yang hingga kini masih terus terjaga.

Saat Lebaran tampak warga nonmuslim mendatangi rumah saudara, teman atau rekan kerja yang beragama Islam untuk mengucapkan selamat Lebaran.

“Sebaliknya, saat Natal dan Tahun Baru, umat Islam yang mendatangi rumah-rumah rekan-rekannya yang beragama Kristen atau agama lainnya,” kata Suzana Wanggai seperti dilansir Antara, Kamis (11/4).

Menurut Suzana, silaturahmi yang hingga kini masih dipertahankan di Papua menjadi daya tarik dan wujud toleransi beragama.

"Mudah-mudahan masyarakat di Papua terus mempertahankan kebiasaan saling berkunjung saat hari besar keagamaan sehingga menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia," kata Suzana Wanggai.

Wakil Ketua Pokja Agama Majelis Rakyat Papua Izak Hikoyabi secara terpisah mengajak seluruh masyarakat di Tanah Papua untuk mempertahankan kerukunan antarumat beragama dengan saling berkunjung di saat hari besar keagamaan seperti saat Lebaran Idulfitri.

"Memang benar kerukunan antarumat beragama di Tanah Papua sangat erat. Puncaknya saat umat beragama saling berkunjung ke rumah dan mengucapkan selamat hari raya. Itu menjadi ciri khas saat merayakan hari besar keagamaan," kata Izak Hikoyabi.(ant/fri/jpnn)

Pemprov Papua Suzana Wanggai mengatakan silaturahmi saat Lebaran Idulfitri dan hari besar keagamaan di Papua merupakan wujud toleransi antarumat beragama.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News