Kemenkumham Papua Barat Segera Tambah Petugas Jaga Lapas Sorong

Selasa, 09 Januari 2024 – 08:22 WIB
Kemenkumham Papua Barat Segera Tambah Petugas Jaga Lapas Sorong - JPNN.com Papua
Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Taufiqurrakhman melakukan inspeksi mendadak ke Lapas Kelas II B Sorong, Senin (8/1/2024). Foto: Antara

papua.jpnn.com, SORONG - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Barat akan menambah jumlah petugas jaga pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sorong, menyusul insiden kaburnya 52 nara pidana (napi) dan tahanan beberapa waktu lalu.

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat Taufiqurrakhman menyebut dengan perkuatan personel jaga tersebut diharapkan tidak terjadi lagi insiden serupa di kemudian hari.

"Kami akan menambah jumlah personel untuk piket penjagaan supaya meminimalisasi adanya masalah pelarian nara pidana," kata Taufiqurrakhman seusai melakukan inspeksi mendadak ke Lapas Sorong, Selasa (9/1/2024).

Dia mengakui saat ini jumlah personel jaga di Lapas Sorong sangat terbatas, terutama saat di luar jam kerja seperti hari Minggu dan hari libur lainnya atau mulai pukul 14.00 WIT hingga pagi hari.

“Kalau di jam kerja mulai dari pukul 07.00 WIT sampai pukul 14.00 WIT ada Kapalas, pejabat lainnya, staf dan regu, itu kekuatan penuh. Namun, kalau hari libur kekuatan penjagaan hanya ada pada regu jaga dengan jumlah 10 orang atau 11 orang,” ujar Taufiqurrakhman.

Taufiqurrakhman mendapat laporan bahwa saat kaburnya 52 napi dari Lapas Sorong pada Minggu (7/1) siang, hanya terdapat 9 orang dari 11 orang anggota regu yang seharusnya bertugas.

“Satu orang jaga di rumah sakit dan satu lagi dalam kondisi sakit. Akhirnya yang jaga hanya 9 orang,” ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Papua Barat memerintahkan Kalapas Sorong menambah tenaga piket untuk memperkuat penjagaan para napi dan tahanan.

Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Barat akan menambah jumlah petugas jaga pada Lapas Kelas II B Sorong.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News