Pemkab Manokwari Terima Bantuan Alsintan dari Kementan, Lihat

Kamis, 01 Februari 2024 – 09:23 WIB
Pemkab Manokwari Terima Bantuan Alsintan dari Kementan, Lihat - JPNN.com Papua
Ketiga unit Combine Harvester atau mesin panen padi besar batuan dari Kementerian Pertanian diparkir di Kantor Dinas Pertanian, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Ketahanan Pangan Manokwari. Foto: ANTARA/Ali Nur Ichsan

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Manokwari, Provinsi Papua Barat telah menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dan Ketahanan Pangan Manokwari Kukuh Saptoyudo mengatakan alsintan yang sudah tiba di Manokwari berupa tiga unit Combine Harvester atau mesin panen padi besar.

“Status bantuan dari Kementan yang diberikan untuk dikelola Pemkab Manokwari adalah sebagai Brigade Alsintan Dinas, saat ini sudah ada dan siap digunakan," kata Kukuh Saptoyudo di Manokwari, Rabu (31/1/2024).

Kukuh mengatakan bantuan yang berstatus Brigade Alsintan Dinas tersebut tidak bisa dihibahkan.

Dalam pelaksanaannya, alsintan tersebut hanya digunakan kelompok tani untuk dikelola. Status kepemilikan alsintan tetap punya pemerintah.

“Petunjuk dari Kementan, kelompok tani yang menerima bantuan ini kita bikin perjanjian kerjasama dan diperbarui tiap dua tahun,” katanya.

Kukuh menjelaskan tiga alsintan akan dikelola tiga kelompok tani di Kampung Prafi Mulya, Kampung Desay dan Kampung Sidey Baru.

Dalam pengelolaannya kelompok tani yang akan merawat semua biaya operasional.

Pemkab Manokwari, Provinsi Papua Barat telah menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia