Senator Filep: Perjuangan Otsus Jilid 2 Hasilkan Kenaikan Dana Otsus dan Distribusi yang Efektif

Rabu, 15 November 2023 – 08:06 WIB
Senator Filep: Perjuangan Otsus Jilid 2 Hasilkan Kenaikan Dana Otsus dan Distribusi yang Efektif - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma (kiri). Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pasca-kenaikan transfer dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar 2,25 persen, pendapatan daerah di Papua Barat meningkat drastis.

Per Agustus 2023, realisasi dana Transfer ke Daerah (TKD) mencapai 12 triliun dari pagu anggaran 21.91 triliun.

Jika dikaitkan dengan jumlah dana Otsus, terdapat kenaikan transfer ke daerah. Terkait hal ini, Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma angkat bicara.

“Secara pribadi saya bersyukur karena perjuangan menambahkan angka 2.25 persen telah berhasil dilaksanakan. Perubahan angka ini sangat signifikan bagi pendapatan daerah provinsi dan kabupaten/kota di Papua Barat,” ujar Filep, Senin (13/11/2023).

Menurut Senator Filep, publik Papua Barat perlu memahami, bahwa dirinya selaku Ketua Tim Pembahasan UU Otsus DPD RI dengan Kemenkeu, permintaan kenaikan itu sebenarnya merupakan hal yang sangat sulit karena kondisi keuangan negara terbatas.

“Sebab, otsus pertama dianggap gagal dari segi penggunaan dan pengawasannya. Selain itu kebutuhan daerah juga tidak stabil karena DAU dan DAK pun juga tidak stabil,” ujar Senator Filep.

Walaupun demikian, menurut Filep, hal ini tetap dia perjuangkan sebagai Ketua Tim DPD RI dalam RDP dan penyampaian kesimpulan bersama Pansus DPR dan Komisi II dalam pembahasan UU Otsus.

“Sebelum UU Otsus disahkan, saya dan tim mendesak supaya disahkan sebesar 3 persen, tetapi dalam negosiasi disepakati 2,25 persen,” ungkap Filep.

Pasca-kenaikan transfer dana Otsus sebesar 2,25 persen, pendapatan daerah di Papua Barat meningkat drastis.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia