Permintaan Mendagri Soal Pengungsi di Maybrat Papua Barat Daya, Tegas

Jumat, 13 Oktober 2023 – 17:04 WIB
Permintaan Mendagri Soal Pengungsi di Maybrat Papua Barat Daya, Tegas - JPNN.com Papua
Mendagri Tito Karnavian berbincang dengan para kepala daerah Provinsi Papua Barat Daya usai menggelar rapat tertutup pada kunjungan ke Sorong, Jumat (13/10). Foto: ANTARA/Yuvensius Lasa Banafanu

papua.jpnn.com, SORONG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan pernyataan terbaru terkait pengungsi di wilayah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.

Menteri Tito meminta Pemerintah Kabupaten Maybrat segera memulangkan para pengungsi dari lokasi pengungsian ke kampung halaman sebelum Natal 2023.

Hal itu disampaikan Tito Karnavian seusai Rapat Terbatas Bersama Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad, bupati, dan wali kota se-Provinsi Papua Barat Daya di Kota Sorong, Jumat (13/10).

"Saya minta Pj Bupati Maybrat melakukan langkah strategis untuk memulangkan saudara kita yang masih di lokasi pengungsian ke kampung halaman mereka sebelum Natal 2023," katanya.

Pemerintah Kabupaten Maybrat, katanya,  harus segera mengambil kebijakan strategis dengan membangun koordinasi bersama TNI/Polri untuk memaksimalkan kondisi keamanan dan ketertiban di lokasi terkait sehingga masyarakat bisa merasa aman dan terlindungi untuk kembali ke kampung halaman.

Pemerintah, kata dia, selain berupaya memulangkan para pengungsi, tetapi juga memerlukan pendataan secara baik terhadap para pengungsi sehingga nanti tidak menimbulkan satu persepsi negatif terkait data para pengungsi.

"Jadi, harus mendata mereka, kemudian memastikan secara benar keamanan masyarakat sehingga mereka bisa bebas ingin kembali ke kampung halaman dan merayakan Natal bersama keluarga," bebernya.

Tito membenarkan data pengungsi antara Komnas HAM dan pemerintah daerah berbeda sehingga perlu dilakukan pendataan ulang.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan pernyataan terbaru terkait pengungsi di wilayah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News