Berpidato di Rakernas PDIP, Jokowi Sampaikan Dampak Nyata Krisis Pangan Global

Jumat, 29 September 2023 – 18:37 WIB
Berpidato di Rakernas PDIP, Jokowi Sampaikan Dampak Nyata Krisis Pangan Global - JPNN.com Papua
Presiden RI Joko Widodo menghadiri Pembukaan Rakernas IV PDIP di Jakarta, Jumat (29/9/2023). Foto: ANTARA/Mentari Dwi Gayati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dampak nyata perubahan iklim dan geopolitik global pada krisis pangan yang kini melanda masyarakat dunia.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat berpidato dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP IV Tahun 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

"Tema di Rakernas IV sangat relevan dengan keadaan yang kita hadapi yang bukan sesuatu yang sangat gampang, tapi betul-betul sesuatu yang tidak mudah untuk diselesaikan, karena ini menyangkut ancaman perubahan iklim, nyata dan sangat kita rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini," katanya diikuti dari YouTube PDIP di Jakarta.

Dia mengatakan perubahan iklim telah membawa dampak pada perubahan kenaikan suhu bumi serta kekeringan di berbagai negara karena kemarau panjang.

Situasi itu, kata Jokowi, juga dirasakan di Indonesia yang ditandai dengan gagal tanam dan gagal panen karena fenomena super El Nino yang melanda tujuh provinsi di Indonesia.

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyatakan wilayah terdampak itu meliputi Sumatera bagian tengah hingga selatan, Pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, dan Papua bagian selatan.

Jokowi mengatakan kondisi itu telah mempengaruhi pasokan pangan bagi kebutuhan rakyat Indonesia.

"Plus ditambah yang kedua, yang pertama ancaman perubahan iklim, yang kedua berkaitan dengan geopolitik dunia yang juga berpengaruh pada pasokan pangan," katanya.

Presiden Jokowi menyampaikan dampak nyata perubahan iklim dan geopolitik global pada krisis pangan yang kini melanda masyarakat dunia.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News