Presiden Serukan Gerakan Tanam Pohon Serentak di Seluruh Provinsi

Rabu, 29 November 2023 – 09:54 WIB
Presiden Serukan Gerakan Tanam Pohon Serentak di Seluruh Provinsi - JPNN.com Papua
Presiden Joko Widodo memimpin pelaksanaan Gerakan Menanam Pohon di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023). Jokowi menyerukan seluruh pemangku kepentingan di wilayah provinsi untuk memanfaatkan momentum musim hujan dengan menanam pohon. Foto: ANTARA/Andi Firdaus

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerukan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan memanfaatkan momentum musim hujan yang bergulir mulai Desember 2023.

“Ini adalah dalam rangka mengantisipasi perubahan iklim, antisipasi pemanasan global yang sudah kita rasakan bersama dan nyata, juga dalam rangka mengatasi polusi yang ada di Jabodetabek," kata Presiden Jokowi seusai menanam pohon jenis pulai di Hutan Kota Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11).

Dia mengatakan penanaman pohon di lokasi itu sekaligus menandai gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan melibatkan peran pemangku kepentingan terkait.

Menurut Jokowi, pencanangan gerakan menanam pohon di Indonesia disesuaikan dengan datangnya musim hujan yang membantu proses pertumbuhan tanaman melalui serapan air.

“Gerakan ini karena memang pas musim hujan, kalau kemarin enggak kita lakukan, karena masih musim kemarau. Ini musim hujan pas Desember, akan kita lakukan di seluruh provinsi, tidak hanya di Jabodetabek," katanya.

Jokowi mengatakan penanaman pohon yang dilakukan pemerintah di Provinsi DKI Jakarta telah menyebar di 900 titik lebih.

"Ini kalau di Jakarta pohonnya sudah gede-gede, yang kecil-kecil pun enggak apa-apa, karena ini musimnya untuk menanam, karena musim hujan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih atas partisipasi perusahaan dan asosiasi pengusaha dalam program penanaman pohon tersebut, di antaranya Jakarta Industrial Estate Pulogadung dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (API).

Jokowi menyerukan gerakan penanaman pohon serentak di seluruh provinsi di Indonesia dengan memanfaatkan momentum musim hujan yang bergulir mulai Desember 2023
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia