Tindak Lanjuti Perintah Presiden, Dua Menteri Kunjungi Daerah Terdampak Cuaca Ekstrem di Puncak

Rabu, 02 Agustus 2023 – 15:37 WIB
Tindak Lanjuti Perintah Presiden, Dua Menteri Kunjungi Daerah Terdampak Cuaca Ekstrem di Puncak - JPNN.com Papua
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Dok. Kemenko PMK

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kepala BNPB Letjen Suharyanto meninjau gudang tempat penampungan bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak cuaca ekstrem di Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (2/8) pagi.

Menko Muhadjir Effendy berjanji akan membangun gudang lumbung pangan di Kabubaten Puncak. Pasalnya, kejadian kelaparan yang dialami masyarakat di tiga Distrik yakni Agandugume, Lambewi, dan Oneri akan berkepanjangan dan terjadi secara periodik dalam siklus tahunan.

"Untuk saat ini kami membangun lumbung pangan sementara di lokasi terdekat dengan bencana (Distrik Sinak). Ke depanya akan dibangun lumbung pangan di Kabupaten Puncak," ujarnya.

Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan bantuan soal dari berbagai pihak telah disalurkan beberapa waktu lalu kepada warga yang terdampak.

"Bantuan dari kementrian sosial, Panglima TNI dan BNPB termasuk PT Freeport sudah diserahkan sebagian ke lokasi bencana," katanya.

Bupati menyebutkan meski terkendala cuaca dan keamanan, pendistribusian tetap dilakukan berkat bantuan dari aparat keamanan dan jasa maskapai penerbangan.

Keamanan dan medan yang sulit menjadi kendala utama, namun proses pengiriman bantuan tetap dilakukan demi kemanusiaan," terang Bupati.

Seperti diketahui, ribuan warga di Kabupaten Puncak dilanda bencana kelaparan akibat cuaca ekstrem melanda sejak Mei 2023 lalu.

Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Kepala BNPB Letjen Suharyanto di Timika guna meninjau daerah terdampak cuaca ekstrem di Puncak Papua Tengah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia