Senator Filep Dorong 4 Akar Masalah Papua Hasil Riset LIPI Ditindaklanjuti

Rabu, 31 Mei 2023 – 21:51 WIB
Senator Filep Dorong 4 Akar Masalah Papua Hasil Riset LIPI Ditindaklanjuti - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma mengungkapkan kondisi paradoks yang terjadi di tanah Papua.

Menurut Filep, data dan fakta telah menunjukkan tanah Papua memiliki beragam kekayaan alam yang melimpah baik bahan tambang berupa emas, tembaga, perak, minyak dan gas bumi serta keanekaragaman hayati di hutan maupun lautan.

Akan tetapi kekayaan alam tersebut tidak sejalan dengan kondisi masyarakat di tanah Papua yang hingga saat ini masih menempati persentase penduduk miskin tertinggi secara nasional.

Pada September 2022, BPS merilis daftar provinsi termiskin di Indonesia yang menunjukkan bahwa Provinsi Papua masih memimpin dengan persentase penduduk miskin tertinggi yakni sebesar 26,86 persen, meningkat 0,24 persen poin terhadap Maret 2022, yang diikuti oleh Provinsi Papua Barat sebesar 21,84 persen.

“Dalam tampilan angka kemiskinan itu, Pemerintah melalui Kementerian ESDM menyatakan bahwa dalam laporan Peluang Investasi Emas-Perak Indonesia, Pulau Papua memiliki cadangan bijih emas hampir 1,9 miliar ton pada 2020. Jumlah itu setara dengan sekitar 52 persen dari total cadangan bijih emas nasional. Tanah Papua sungguh kaya,” ucap Senator Filep, Rabu (31/5/2023).

Filep menambahkan tambang emas tersebut tersebar di enam kabupaten, yakni Pegunungan Bintang, Keerom, Nabire, Dogiyai, Mimika dan Paniai.

Alokasinya ialah sumber daya biji 3.2 miliar ton, sumber daya logam 0.002 juta ton, cadangan biji 1.87 miliar ton dan cadangan logam 0.0015 juta ton.

“Bukan cuma emas, tembaga, pada 2021, tambang Grasberg yang ada di Papua, memproduksi 1.34 miliar ton tembaga. Ada juga 1.76 juta ton biji dan 1.875 juta ton biji untuk cadangan perak; bahkan batu bara, alumunium, minyak bumi, nikel, marmer, semuanya ada di Papua,” sambungnya.

Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menyebutkan empat akar masalah di Papua hasil riset LIPI.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia