BP Tangguh Klaim Berkontribusi untuk Tanah Papua, Senator Filep: Perlu Cek Fakta

Sabtu, 06 Mei 2023 – 23:34 WIB
BP Tangguh Klaim Berkontribusi untuk Tanah Papua, Senator Filep: Perlu Cek Fakta - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menyampaikan tanggapannya tentang kontribusi BP Tangguh LNG untuk Tanah Papua yang dirilis pada Rabu (3/5/2023). Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menyampaikan tanggapannya tentang kontribusi BP Tangguh LNG untuk Tanah Papua yang dirilis pada Rabu (3/5/2023).

Menurut Filep, rilis yang disampaikan BP Tangguh tersebut merupakan respons terhadap pandangan publik terkait eksistensi perusahaan di tengah masyarakat Papua, khususnya di wilayah Bintuni.

“Sah-sah saja jika BP Tangguh menyampaikan hal tersebut. Namun, saya pikir kita perlu cek fakta di lapangan. Klaim mengenai kesempatan kerja dan pengembangan ekonomi, apakah memang sesuai dengan fakta dan kondisi di lapangan. Jangan sampai ada pembohongan publik di sana,” kata Senator Papua Barat itu di tengah kunjungannya ke India seperti dilansir JPNN.com pada Sabtu (6/5).

Menurut Filep, BP Tangguh mengeklaim tentang Angka Harapan Lama Sekolah yang naik 3 kali lipat sejak 2009. Hal itu sama saja mendompleng program pemerintah.

“Apakah BP Tangguh tidak punya program independen yang dibuat dari keuntungannya?” tanya Filep.

Lebih lanjut, Filep menilai klaim soal serapan produk agrikultur dan laut oleh Tangguh Catering senilai Rp 92 miliar, itu sangat kecil jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh Tangguh.

“Dari data yang saya dapat, produksi Gas Bumi Rata-rata Lapangan Tangguh tahun 2021 sebesar 1.312 MMSCFD, dan status per 14 Juni 2022 sebesar 1.162 MMSCFD. Proyek LNG Tangguh menghasilkan 7,6 juta ton LNG setiap tahunnya melalui Train 1 dan 2,” kata Filep.

Kemudian, saat ini juga sedang dikembangkan proyek Train 3, dengan estimasi nilai investasi sebesar USD 8,9 miliar dan akan menghasilkan 3,8 juta ton LNG per tahun.

Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma menyampaikan tanggapannya klaim BP Tangguh LNG berkontribusi untuk Tanah Papua yang dirilis pada Rabu (3/5/2023).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News