Generasi Muda Papua Diperkenalkan Tata Sidang Formal dan Diplomasi Berkelas Dunia

Kamis, 04 Mei 2023 – 16:34 WIB
Generasi Muda Papua Diperkenalkan Tata Sidang Formal dan Diplomasi Berkelas Dunia - JPNN.com Papua
Sekjen PYMUN 2023 Mardiantika K.P.P. Watubun yang juga Ketua DPD Taruna Merah Putih Provinsi Papua saat sambutan pembukan kegiatan PYMUN di sebuah hotel di Abepura-Jayapura, Papua, Kamis (4/5). Foto: Dok. Humas PYMUN

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Dalam beberapa tahun terakhir ini Indonesia kerap menjadi tuan rumah event global, seperti yang monumental G20 pada akhir tahun 2022 lalu, dan pada Mei 2023 ini menjadi tuan rumah KTT ASEAN.

Namun, adakah yang tahu, apa dan bagaimana proses penyelenggaraan event besar tersebut?

Apalagi pada level yang lebih besar seperti di United Nations (UN), alias Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berangkat dari keingitahuan ini, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Papua Youth Model United Nation (PYMUN) menyelenggarakan kegiatan memperkenalkan generasi muda Papua pada tata sidang formal dan diplomasi berkelas dunia melalui sidang Model United Nations (MUN).

“Model United Nations (MUN) merupakan simulasi sidang konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nantinya para peserta MUN yang hadir akan berperan sebagai delegasi dari suatu negara,” ujar Sekjen PYMUN 2023 Mardiantika K.P.P. Watubun di awal sambutannya di sebuah hotel di Abepura-Jayapura, Papua, Kamis (4/5).

Generasi Muda Papua Diperkenalkan Tata Sidang Formal dan Diplomasi Berkelas Dunia

Ratusan pemuda Papua mengikuti kegiatan Papua Youth Model United Nations (PYMUN) di sebuah hotel di Abepura-Jayapura, Papua, Kamis (4/5). Foto: Dok. Humas PYMUN

Menurut Tika, panggilan akrabnya, acara yang merupakan hasil kerja sama antara PYMUN dan DPP Taruna Merah Putih (TMP) ini berlangsung selama 3 hari, 4-6 Mei 2023 di Jayapura ini ditujukan untuk membuka wawasan kepada pemuda di Papua bahwa membahas tema besar hingga sampai di PBB bukan perkara mudah. Butuh proses yang panjang dan berliku.

PYMUN menyelenggarakan kegiatan memperkenalkan generasi muda Papua pada tata sidang formal dan diplomasi melalui sidang Model United Nations (MUN).
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News