Suku Sumuri Siap Gelar Tikar Adat Sambut Filep Wamafma, Begini Alasannya

Minggu, 09 April 2023 – 09:15 WIB
Suku Sumuri Siap Gelar Tikar Adat Sambut Filep Wamafma, Begini Alasannya - JPNN.com Papua
Tokoh muda asli Papua yang juga anggota DPD RI dari Provinsi Papua Barat Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum., C.L.A saat menghadiri musyawarah besar (Mubes) suku Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni, beberapa waktu lalu. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, TELUK BINTUNI - Bertahun-tahun lamanya pemuda-pemudi, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh agama dan tua adat suku Sumuri di Kabupaten Teluk Bintuni mengharapkan kehadiran sosok maupun tokoh berpengaruh yang mampu menyuarakan dan memperjuangkan aspirasi suku Sumuri dan Sebyar.

Pada awal tahun 2022 lalu, harapan itu terjawab dengan hadirnya tokoh muda asli Papua, yakni Dr. Filep Wamafma, SH., M.Hum., C.L.A yang tengah menjabat sebagai anggota DPD RI.

Saat itu, Dr. Filep hadir di tengah masyarakat Sumuri bertepatan saat menghadiri musyawarah besar (Mubes) suku Sumuri.

Lantaran dinilai berpengaruh dan berjasa, masyarakat adat Sumuri menyatakan siap menggelar tikar adat menyambut kedatangan Dr. Filep Wamafma di tanah Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni.

Masyarakat Sumuri antusias dan menerima dengan baik terhadap kehadiran Filep Wamafma yang selama ini tegas menyuarakan hak-hak dasar masyarakat adat di tanah Papua.

Meskipun tidak semua masyarakat adat Sumuri mengenal sosok Filep Wamafma, namun melalui agenda penting di Sumuri itu, masyarakat adat Sumuri dapat bertatap muka secara langsung, bersilaturahmi dan mengenal lebih dekat Dr. Filep Wamafma.

Salah seorang warga Sumuri, Anna Agofa melalui diskusi di Sumuri berpendapat bahwa sosok Filep Wamafma sangat baik dan penyampaiannya saat mubes telah dibuktikan kepada masyarakat.

“Kehadiran Filep Wamafma di Sumuri sangat berpengaruh nyata sekali bagi kami. Bahkan tidak hanya menjanjikan lewat sambutannya saja, namun dibuktikan kepada kami suku Sumuri. Maka kitong semua sayang kepada Filep Wamafma dan orang seperti beliau harus dijaga karena menjadi pemimpin yang baik untuk tanah Papua,” ungkap Anna Agofa, Sabtu (8/4/2023).

Masyarakat adat Sumuri menyatakan siap menggelar tikar adat menyambut kedatangan Dr. Filep Wamafma di tanah Sumuri, Kabupaten Teluk Bintuni.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia