Pemkot Jayapura Akan Gelar Musrenbang Otsus, Frans: Program Harus Berpihak OAP

Jumat, 31 Maret 2023 – 14:16 WIB
Pemkot Jayapura Akan Gelar Musrenbang Otsus, Frans: Program Harus Berpihak OAP - JPNN.com Papua
Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey. FOTO: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Otonomi Khusus (Musrenbang Otsus) pada 4-5 April 2023.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura mengatakan dalam musrenbang otsus akan melihat program kegiatan yang benar-benar berpihak pada orang asli Papua (OAP), khususnya Port Numbay.

“Tentunya dengan roh dan semangat dari otsus itu sendiri sehingga ada keberpihakan dan pemberdayaan OAP," kata Frans, Kamis (30/3).

Dia menjelaskan musrenbang otsus harus dilaksanakan karena untuk membahas kepentingan dari OAP.

“Karena perjalanan otsus ini akan berubah sehingga usulan program akan disesuaikan data dan dokumentasi yang kemudian diusulkan ke pusat untuk selanjutnya ditetapkan," ujarnya.

Dia menjelaskan tahapan tersebut seperti mengusulkan dari dana alokasi khusus sehingga dalam sistem perencanaan penganggaran oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Jayapura akan membahas dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) akan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

"Intinya, kami mau menyelesaikan program prioritas yang sudah rampung dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," katanya lagi.

Kepala Bappeda Kota Jayapura Rory Huwae mengatakan melalui musrenbang otsus akan melihat program-program yang dapat meningkatkan sumber daya manusia OAP.

Pemkot Jayapura, Papua akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Otonomi Khusus (Musrenbang Otsus) pada 4-5 April 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News