Pemkab Jayapura Gandeng 25 Pemuda Papua untuk Optimalkan Penerimaan Retrebusi Parkir

Rabu, 24 April 2024 – 12:52 WIB
Pemkab Jayapura Gandeng 25 Pemuda Papua untuk Optimalkan Penerimaan Retrebusi Parkir - JPNN.com Papua
Sekda Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi. Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menggandeng 25 pemuda orang asli Papua (OAP) untuk mengoptimalkan penerimaan retribusi parkir di daerah setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi mengatakan langkah positif telah ditunjukkan oleh Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) dengan menggandeng putra-putri asli Papua membantu memungut retribusi parkir.

“Jadi, adik-adik ini tergabung dalam Asosiasi Karyawan Karyawati Papua (AKKP) bekerja sama dengan Bappenda Kabupaten Jayapura dalam memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor parkir,” kata Hana di Sentani, Rabu (24/4).

Menurut Hana, ini juga merupakan dukungan pemerintah daerah dalam mendukung dan memberikan pekerjaan kepada pemuda-pemudi asli Papua setempat untuk memperoleh pendapatan yang pasti.

“Informasi yang kami dapatkan dari Bappenda, meski 25 tenaga parkir ini bukan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan menjadi tanggung jawab AKKP tetapi peluang pekerjaan itu telah diberikan oleh pemerintah sehingga harus dimaksimalkan secara optimal,” ujarnya.

Dia menjelaskan pembagian hasilnya pun 40:60 persen, dimana penerimaan yang diterima lebih banyak oleh AKKP sedangkan pemerintah daerah hanya 40 persen.

“Pembagian nya seperti itu karena kami (pemerintah daerah) tidak mengurus atau memberikan gaji kepada tukang parkir, melainkan sudah menjadi tanggung jawab penuh oleh AKKP sebagai pihak ketiga pengelola parkir,” katanya.

Dia menambahkan dengan kerja sama dengan AKKP maka lokasi parkir yang dulunya selalu bermasalah dengan pemilik hal ulayat, sekarang sudah tidak lagi karena pemuda Papua setempat yang mengambil alih.

Pemkab Jayapura menggandeng 25 pemuda orang asli Papua (OAP) untuk mengoptimalkan penerimaan retribusi parkir di daerah setempat.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News