Kemenag Papua Barat Pantau Hilal Penentuan Ramadan di Tiga Lokasi

Senin, 20 Maret 2023 – 15:00 WIB
Kemenag Papua Barat Pantau Hilal Penentuan Ramadan di Tiga Lokasi - JPNN.com Papua
Ilustrasi - Sejumlah orang melakukan rukyatul hilal penentuan 1 Ramadan atau awal puasa. Foto: ANTARA/Dian Hadiyatna)

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat akan melakukan pemantauan (Rukyatul) hilal di tiga lokasi pada 22 Maret mendatang sebelum penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah melalui sidang Isbat.

Kabid Haji dan Binmas Islam Kanwil Kemenag Papua Barat Aziz Hegemur mengatakan dalam pemantauan hilal, Kemenag bekerja sama dengan ormas Islam yakni Muhammadiyah, Nadhatul Ulama (NU), pengadilan agama, dan BMKG.

"Kami melakukan pemantauan hilal untuk awal Ramadan 2023, 1444 hijriah sekitar pukul 15.00 WIT, karena kita wilayah timur termasuk yang pertama dibanding wilayah lain di Nusantara,” ujar Aziz di Manokwari, Senin (20/3).

Dia menyebutkan ketiga lokasi pemantauan di Provinsi Papua Barat, yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Sorong yang saat ini terpisah pada Provinsi Papua Barat daya dan Kabupaten Fakfak.

“Untuk Manokwari berada di Pantai Masni, kita juga akan terus berkoordinasi bersama BMKG terkait cuaca pada saat pemantauan hilal di setiap daerah,” kata dia.

Dia juga mengatakan meski dalam pemantauan nantinya tidak dapat dilihat ataupun tertutup oleh awan, akan tetap dilaporkan kepada pusat.

Aziz memperkirakan awal Ramadan 1444 Hijriah akan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Namun, masih menunggu sidang isbat dipimpin langsung oleh Menteri Agama di Jakarta.

“Kemungkinan pada 23 Maret, namun kita tunggu sidang Isbat dari Menteri Agama, kita harapkan ada pemantauan tersebut tidak ada halangan baik cuaca maupun kendala teknis lain,” harap Aziz.

Kanwil Kemenag Papua Barat akan melakukan pemantauan (Rukyatul) hilal di tiga lokasi pada 22 Maret mendatang sebelum penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News