Anggota DPR Asal Papua Minta Menhub Aktifkan Kembali Rute Penerbangan Biak - Honolulu

Sabtu, 25 Februari 2023 – 20:38 WIB
Anggota DPR Asal Papua Minta Menhub Aktifkan Kembali Rute Penerbangan Biak - Honolulu - JPNN.com Papua
Anggota DPR RI Dapil Papua Yan P Mandenas memintaMenhub Budi Karya Sumadi menata rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak tujuan Jakarta, Biak-Jepang, dan Biak-Papua Nugini termasuk Biak - Honolulu. Ilustrasi. Foto: Dokumentasi pribadi

papua.jpnn.com, BIAK - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Papua Yan P Mandenas meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menata rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak tujuan Jakarta, Biak-Jepang, dan Biak-Papua Nugini.

"Bila perlu rute Biak-Bali-Honolulu, Hawai difungsikan kembali sehingga menopang kegiatan ekspor hasil perikanan Biak,” kata anggota Komisi I DPR RI Yan Mandenas di Biak, Sabtu (25/2/2023).

Yan mengatakan selama ini rute penerbangan dari Bandara Biak tujuan Jakarta harus transit tiga hingga empat jam di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sehingga memperlambat urusan penumpang karena harus menunggu penerbangan.

Dia mengatakan jika ada penerbangan langsung Biak-Jakarta akan sangat mengurangi waktu tunggu penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Bahkan dengan penerbangan langsung, waktu tiba di Bandara Soekarno-Hatta lebih cepat dari waktu keberangkatan biasanya.

"Mengingat Biak merupakan bandara internasional yang pernah melayani rute Biak-Honolulu dan Hawai. Ya, ini perlu diaktifkan kembali supaya ekonomi masyarakat di Biak bisa lebih bergairah,” kata anggota DPR RI putra asli Papua itu lagi.

Yan menyakini jika rute penerbangan internasional diaktifkan lagi dari Bandara Frans Kaisiepo mempercepat pembangunan di Papua, karena Biak menjadi pintu masuk ke kawasan Papua, Manokwari Papua Barat dan Papua Tengah, dan Papua Pegunungan hingga Papua Selatan.

Sebagai wakil rakyat di Papua, menurut Yan, dirinya terus menyuarakan aspirasi dari masyarakat di Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Yapen Kepulauan dan Kabupaten Waropen.

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Papua Yan Mandenas meminta Menhub Budi Karya Sumadi mengaktifkan kembali rute penerbangan Biak - Bali - Honolulu.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia