Irjen Fakhiri Berharap Melalui DOB Tercipta Keamanan di Tanah Papua

Kamis, 29 Desember 2022 – 22:22 WIB
Irjen Fakhiri Berharap Melalui DOB Tercipta Keamanan di Tanah Papua - JPNN.com Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. Foto: ANTARA/Evarukdijati

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan harapannya terhadap daerah otonomi baru (DOB) yang merupakan pemekaran dari Papua dan menciptakan rasa aman di Tanah Papua.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya tiga DOB di Papua dapat menciptakan rasa aman karena peran serta para pejabat beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat di daerah sangat akan langsung dirasakan masyarakat,” kata Irjen Pol Fakhiri di Jayapura, Kamis (29/12).

Menurut dia, perlu pendekatan menyeluruh kepada KKB yang selama ini mengganggu keamanan.

Hal ini disebabkan anggota KKB banyak yang memiliki hubungan kekerabatan dengan para pejabat di daerah sehingga bila mendapat sentuhan langsung diharapkan luluh dan mau kembali bergabung dan turut serta membangun daerahnya.

"Jangan lagi menggunakan KKB untuk kepentingan sesaat namun sebaliknya rangkul mereka agar menyimpan senjata api yang dimiliki dan bersama-sama membangun daerahnya," kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.

Menurut dia, keberadaan DOB dapat makin mempercepat meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena makin cepat terlayani dan merasakan dampak dari pembangunan.

Rangkul mereka (KKB) dan libatkan dalam berbagai program pembangunan sehingga nantinya tidak lagi menganggu aktivitas masyarakat serta pembangunan.

“Mudah-mudahan dengan keterlibatan mereka (KKB) dalam berbagai kegiatan yang dilakukan menyebabkan ke depan gangguan keamanan yang dilakukan KKB berkurang bahkan tidak lagi terjadi sehingga Tanah Papua menjadi aman dan nyaman serta masyarakatnya sejahtera,” kata kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri.(fri/jpnn)

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan harapannya terhadap DOB yang merupakan pemekaran dari Papua.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News