Keren, 400 Distrik di Tanah Papua Nikmati Layanan Telekomunikasi

Senin, 22 Januari 2024 – 15:32 WIB
Keren, 400 Distrik di Tanah Papua Nikmati Layanan Telekomunikasi - JPNN.com Papua
Manager Service Quality Assurance Telkomsel Papua dan Maluku Muhammad Nour, GM Network Operations and Productivity Telkomsel Maluku and Papua Agus Sugiarto dan Manager RTP Deployment Support Telkomsel Maluku Papua Dzulkifi Sijaya saat melakukan pengecekan jaringan di Koya, Kota Jayapura, Papua. Foto: ANTARA/HO/Dok Telkomsel Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Manager Service Quality Assurance Telkomsel Maluku and Papua Muhammad Nour menyatakan  saat ini 400 distrik di Tanah Papua khususnya yang berada di Provinsi Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan telah menikmati layanan telekomunikasi.

“Memang benar hingga bulan Januari, Telkomsel telah berhasil menjangkau lebih dari 400 distrik atau kecamatan yang ada di Tanah Papua,” ujar Muhammad Nour di Jayapura, Senin (22/1/2024).

Menurut Nour, distrik-distrik itu ada yang sudah terlayani dengan 4G, tetapi masih juga ada yang baru 2G.

Telkomsel senantiasa berupaya untuk meningkatkan jangkauan agar akses komunikasi di Tanah Papua bisa merata.

Pembangunan jaringan telekomunikasi dilakukan Bhakti-Kominfo dan Telkom, kata Muhammad Nour.

Ketika ditanya terkait kesulitan yang dihadapi dalam upaya pemerataan akses komunikasi di Tanah Papua, Nour mengakui, kondisi geografis yang berbukit dan pegunungan sehingga me mbatasi jangkauan kabel fiber optic yang menjadi tulang punggung bandwidh akses komunikasi.

Selain itu di beberapa wilayah, masih ditemui keterbatasan ketersediaan listrik dari PLN yang belum melayani 24 jam penuh sehingga BTS tidak dapat beroperasi 24 jam yang berdampak pada ketersediaan sinyal.

Menurut Nour, akses jalur distribusi yang mengharuskan untuk menggunakan transportasi udara. Untuk hal itu, kata dia, perlu mencari solusinya.

Manager Service Quality Assurance Telkomsel Maluku & Papua Muhammad Nour menyatakan saat ini 400 distrik di Tanah Papua telah menikmati layanan telekomunikasi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News