Irjen Fakhiri Sebut 6 Kabupaten Ini Rawan Gangguan KKB

Rabu, 28 Desember 2022 – 14:18 WIB
Irjen Fakhiri Sebut 6 Kabupaten Ini Rawan Gangguan KKB - JPNN.com Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Polda Papua memetakan enam kabupaten yang memiliki potensi konflik dan gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menerangkan enam kabupaten yang rawan terjadinya konflik dan gangguan KKB ada di Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

"Di Papua Tengah, ada Kabupaten Puncak, Nduga, Intan Jaya, Mimika. Sementara di Papua Pegunungan, ada Kabupaten Pegunungan Bintang dan Yahukimo," ujar Irjen Fakhiri.

Irjen Fakhiri mengatakan untuk langkah penanganan kelompok kriminal bersenjata, Polda Papua saat ini lebih mengedepankan langka pendekatan sosial. 

"Aparat keamanan lebih mengedepankan pendekatan kesejahteraan namun tidak melupakan langkah penindakan," ucapnya.

"Kami juga meminta agar Pemda, terutama para Bupati untuk memiliki peran aktif. mengingat bupati yang lebih mengetahui karesteristik masyarakatnya," katanya. 

Diketahui sepanjang tahun 2022 kelompok kriminal bersenjata atau KKB sudah melakukan 90 aksi penembakan yang menewaskan 53 orang, baik warga sipil, TNI dan Polri.(mcr30/jpnn) 

Enam kabupaten yang rawan terjadinya konflik dan gangguan KKB ada di Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan.

Redaktur : Friederich Batari
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News