Lemhannas Akan Mengkaji Papua Termasuk Kesiapan DOB Mengikuti Pemilu 2024

Kamis, 22 Desember 2022 – 12:38 WIB
Lemhannas Akan Mengkaji Papua Termasuk Kesiapan DOB Mengikuti Pemilu 2024 - JPNN.com Papua
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto usai konferensi pers di Gedung Lemhannas RI, Jakarta, Rabu (21-12-2022). Foto: ANTARA/Melalusa Susthira K

papua.jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto mengatakan pihaknya akan mulai melakukan kajian tentang Papua pada tahun 2023 yang di dalamnya mencakup kajian tentang daerah otonomi baru (DOB).

“Akan dimulai tahun depan untuk kajian Papua. Terutama terkait dengan daerah otonomi baru (DOB)," kata Andi saat acara Konferensi Pers Pernyataan Akhir Tahun 2022 Gubernur Lemhannas RI di Gedung Lemhannas, Jakarta, Rabu (21/12).

Andi menyebut lembaganya akan mengkaji kesiapan DOB di Papua, yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan untuk mengikuti Pemilu 2024 dan Pilkada Serentak 2024.

“Itu nanti akan menjadi kajian khusus Papua," ucapnya.

Selain soal DOB di Papua, kata Andi, Lemhannas akan melakukan kajian khusus terkait eskalasi kekerasan di Papua. Ia menjelaskan pihaknya akan mulai mengkaji dari symptom atau gejala kekerasan terlebih dahulu.

"Baru kemudian bergerak untuk mencari akar strukturalnya di Papua, apakah akar strukturalnya ditemukan di faktor sejarah, faktor identitas atau misalnya faktor distribusi kesejahteraan," katanya.

Ia mengatakan pihaknya menyadari bahwa Papua merupakan masalah kompleks dan tidak bisa disederhanakan sehingga dalam kajian Lemhannas tentang Papua, maka akan dilakukan kajian secara lintas level.

"Diharapkan kajian-kajian kami pada 2023 tentang Papua bisa membantu pemerintah menemukan solusi yang lebih komprehensif tentang ekonomi dan politik di Papua," tuturnya.

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto akan mulai melakukan kajian tentang Papua termasuk kesiapan DOB mengikuti Pemilu 2024, simak selengkapnya.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia