Kerahkan 1.391 Personel Gabungan Amankan Natal, Kapolda Papua Barat Bilang Begini

Sabtu, 24 Desember 2022 – 08:21 WIB
Kerahkan 1.391 Personel Gabungan Amankan Natal, Kapolda Papua Barat Bilang Begini - JPNN.com Papua
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw didampingi Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga saat mengecek personel dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Mansinam, Jumat (23/12/2022). Foto: ANTARA/Rachmat Julaini

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga menyatakan kesiapan personelnya bertugas selama sebelas hari terhitung dari 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Mereka tergabung dalam Operasi Lilin Mansinam dan ditempatkan di 41 titik pos pengamanan. Di Papua Barat sendiri terdapat setidaknya 657 lokasi, seperti gereja, bandara, pelabuhan, tempat wisata, dan terminal,” ujar Daniel di Manokwari, Jumat (23/12).

Dia menyebut pihaknya tidak lagi melakukan penyekatan sosial seperti biasa dilakukan pada masa pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, dia memastikan masyarakat harus fokus beribadah dan melaksanakan aktivitas sosial perekonomian seperti biasa.

Meskipun begitu, Daniel menyatakan masyarakat harus tetap waspada dengan kemungkinan munculnya kasus COVID-19, mengingat pada libur panjang banyak masyarakat yang berpindah tempat baik datang maupun pergi menggunakan transportasi udara, laut maupun darat.

"Peningkatan aktivitas sosial perekonomian dan keagamaan ini kami perkirakan meningkat. Dengan itu, makanya aparat keamanan hadir untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar dia.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dalam gelar apel pasukan Operasi Lilin Mansinam menyatakan pengamanan yang disiapkan itu adalah bentuk kesiapan pemerintah dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Dia berpesan kepada personel yang bertugas selama Operasi Lilin Mansinam berlangsung dapat mengawal dan memantau pergerakan masyarakat saat melakukan mudik baik melalui jalur darat, laut, dan udara.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengerahan sebanyak 1.391 personel gabungan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia