Polresta Jayapura Tingkatkan Pengamanan untuk Antisipasi Aksi Terorisme

Jumat, 09 Desember 2022 – 19:32 WIB
Polresta Jayapura Tingkatkan Pengamanan untuk Antisipasi Aksi Terorisme - JPNN.com Papua
Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Victor Mackbon. foto: Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Polresta Jayapura Kota memperketat pengamanan untuk mengantisipasi adanya aksi teror bom bunuh diri seperti yang dilakukan seorang pria di Mapolsek Astana Anyar Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/12/2022) kemarin. 

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Polisi Victor Macbon mengungkapkan para personel di jajarannya sudah diwanti-wanti meningkatakn pengamanan dalam setiap kegiatan baik di dalam maupun di luar.

Dia menjelaskan hal itu sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan yang terjadi seperti masuknya pelaku kejahatan untuk melakukan teror yang menyasar anggota kepolisian sehingga keamaan mako (markas komando) juga paling penting.

"Ancaman kita berbeda, ya. Kalau di sini itu masih ada tindakan-tindakan separatis, tetapi juga tidak menutup kemungkinan ada teror kelompok radikal," kata Kombes Polisi Victor Macbon, Jumat (9/12).

Kelompok yang kerap melakukan aksi teror ini, menurut Kapolresta adalah kelompok rahasia yang pergerakannya di bawah permukaan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan di wilayah hukum Polresta Jayapura Kota juga ada bibit-bibit radikalisme.

Dia berharap kepada para tokoh agama, masyarakat, dan adat ikut memerangi kelompok radikal tersebut.

"Jangan beri ruang bagi mereka," tegas Kapolresta.

Kapolresta menambahkan pihak RT/RW harus memainkan perannya. Setiap warga baru yang datang, RT/RW harus menanyakan dengan jelas soal identitas dan tujuan kedatangan mereka.

"Nah, wajib lapor dalam lingkungan tempat tinggal itu penting. Oleh karena itu, kami meminta tolong Pak RT harus lebih tegas, harus tahu setiap warganya, apalagi warga yang baru datang," katanya.

Polresta Jayapura meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi aksi teror bom bunuh diri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News