Wapres Ma'ruf Amin Berkeliling di Tanah Papua, Begini Catatannya

Senin, 05 Desember 2022 – 07:48 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Berkeliling di Tanah Papua, Begini Catatannya - JPNN.com Papua
Wapres Ma'ruf Amin menyapa anak-anak sekolah yang berjejer di depan Sekolah Dasar YPK IV Sburia Biak Kota, Distrik Biak Kota, provinsi Papua pada Jumat (2/12/2022). Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin selaku Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) atau Badan Pengarah Papua (BPP) mengaku melakukan tawaf, berputar mengelilingi tanah Papua, selama lima hari.

Tawaf yang dimaksud Wapres tentu bukan berkeliling ka'bah sebanyak tujuh kali, melainkan mengunjungi lima kota di empat provinsi, yaitu Kota Jayapura (Provinsi Papua), Kota Merauke (Provinsi Papua Selatan), Kota Timika (Provinsi Papua Tengah), Kota Kaimana (Provinsi Papua Barat), dan terakhir ke Kota Biak (Provinsi Papua) pada 28 November - 2 Desember 2022.

BP3OKP sendiri dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 121 tahun 2022 tentang BP3OKP yang merupakan amanat pasal 90 Peraturan Pemerintah No 106 tahun 2021 tentang Kewenangan dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Papua.

Tugas PP3OKP adalah sinkronisasi, harmonisasi, evaluasi dan koordinasi percepatan pembangunan dan pelaksanaan otonomi khusus di wilayah Papua.

Apalagi saat ini di Papua terdapat tiga daerah otonom baru (DOB) yang sudah punya landasan hukum dan 1 DOB yang masih dalam proses administrasi, sehingga tanah Papua memiliki total enam provinsi.

Pertama adalah Provinsi Papua yang beribu kota di Jayapura, dipimpin Gubernur Lukas Enembe (meski dalam kondisi sakit).

Kedua, Papua Barat yang berdiri berdasarkan UU Nomor 45 Tahun 1999 dengan ibu kota Manokwari dan dipimpin Pj Gubernur Paulus Waterpauw.

Ketiga, Papua Selatan yang beribu kota di Kabupaten Merauke dan lahir berdasarkan UU No 14 tahun 2022 terdiri dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, serta Kabupaten Boven Digoel, dipimpin Pj Gubernur Apolo Safanpo.

Wapres Ma'ruf Amin selaku Ketua BP3OKP atau Badan Pengarah Papua (BPP) berkeliling di tanah Papua selama lima hari. Begini catatanya, simak.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia