Catatan Wapres Ma’ruf Amin untuk 4 DOB Papua, Simak

Jumat, 02 Desember 2022 – 22:48 WIB
Catatan Wapres Ma’ruf Amin untuk 4 DOB Papua, Simak - JPNN.com Papua
Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak, Papua, Jumat (2/12/2022). Foto: ANTARA/Desca Lidya Natalia

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Pemerintah akan terus mengevaluasi pelaksanaan pemerintahan pada empat daerah otonom baru (DOB) di Tanah Papua.

"Akibat dari munculnya DOB-DOB ini tentu sudah kami petakan dan nanti juga akan terus evaluasi seperti apa,” kata Wapres Ma'ruf Amin saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Manuhua, Biak, Papua, Jumat (2/12/2022).

Ada empat DOB di Papua, yaitu Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan. Ketiga DOB tersebut sudah disahkan undang-undangnya sebagai daerah pemekaran dari Provinsi Papua dan Papua Barat Daya sebagai pemekaran dari Provinsi Papua Barat.

Namun, UU Pembentukan Papua Barat Daya masih menunggu penomoran.

"Dan tiga DOB ini, empat dengan Papua Barat Daya itu sedang menyiapkan perangkatnya, perkantoran. Kemudian juga kepegawaian, tetapi penjabat gubernur sudah bertemu dengan saya, sudah kita arahkan di kantor saya di Merdeka Selatan dan sudah ada sekarang sekda-sekda dari masing-masing untuk menjalankan tugasnya," kata Wapres lagi.

Saat ini, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah DOB itu pun sedang menyusun rencana induk percepatan pembangunan di Papua.

“Konsekuensinya, terutama Papua induk, pegawainya kan berkumpul di situ. Bagaimana ini kemudian mengaturnya nanti? Lalu juga kemarin (masalah) beasiswa, beasiswa itu selama ini dibiayai oleh induk nanti kami bagi masing-masing tanggung jawabnya. Begitu juga pelayanan kesehatan," ujar Wapres.

Wapres pun meyakini proses penyiapan pemerintahan maupun kantor pemerintahan di masing-masing DOB dapat berjalan lancar.

Wapres Ma'ruf Amin menyebut pemerintah akan terus mengevaluasi pelaksanaan pemerintahan pada empat DOB di Tanah Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News