Pemkab Jayapura Beri Modal Kepada Pelaku Usaha Ikan Asin

Rabu, 22 Mei 2024 – 09:14 WIB
Pemkab Jayapura Beri Modal Kepada Pelaku Usaha Ikan Asin - JPNN.com Papua
Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Alpius Demena. Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Jayapura, Papua memberikan modal kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan ikan asin.

Bantuan modal usaha sebesar Rp 5 juta itu diberikan kepada 10 kelompok usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah pesisir seperti Distrik Demta, Yokari, Depapre dan Ravenirara.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura Alpius Demena mengatakan bantuan kepada 10 kelompok UMKM itu supaya mereka dapat mengembangkan ikan asin.

“Kami tahu bersama empat distrik yang dibantu itu memiliki potensi laut berupa ikan sangat luar biasa, sehingga ikan-ikan yang tidak habis dijual bisa dikeringkan dan dijadikan ikan asin,” kata Alpius Demena di Sentani, Selasa (22/5).

Menurut Alpius, dengan dijadikan ikan asin maka akan meningkatkan pendapatan dari kelompok UMKM tersebut.

“Kami mendapat informasi biasanya ikan yang tidak habis dijual terkadang dibawa pulang dan tidak dimanfaatkan sebagai olahan lain, ini kan sayang sekali padahal masih bisa dibuat usaha lain contohnya ikan asin ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan ikan asin pasarannya juga cukup menjanjikan di Jayapura sehingga ini harus dikelola terus-menerus.

“Jenis ikan tenggiri itu cukup banyak di perairan Jayapura sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan dengan dikelola menjadi ikan asin,” katanya.

Pemkab Jayapura, Papua memberikan modal kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan ikan asin.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia