Pemkab Jayapura Harapkan Orang Asli Papua Memanfaatkan Internet untuk Promosi Produk UMKM

Minggu, 18 Februari 2024 – 08:30 WIB
Pemkab Jayapura Harapkan Orang Asli Papua Memanfaatkan Internet untuk Promosi Produk UMKM - JPNN.com Papua
Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, SENTANI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengharapkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah orang asli Papua (OAP) dapat memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk yang dihasilkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon mengatakan sosialisasi dan pelatihan UMKM berbasis digital telah dilakukan beberapa kali di tahu lalu dan 2024 akan kembali dilakukan.

"Kami berharap dengan pelatihan seperti itu maka pelaku UMKM di 139 kampung dan lima kelurahan khususnya OAP bisa berjualan online tidak hanya manual saja,” katanya.

Menurut Gustaf, banyak aplikasi promosi produk di internet, masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Kami sebagai pemerintah siap membantu segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi mereka melalui UMKM digital,” ujarnya.

Dia menjelaskan tahun lalu ratusan peserta OAP dari 139 kampung, lima kelurahan telah dilatih bagaimana mempromosikan produk UMKM berbasis digital.

“Sekarang zamannya teknologi, produk kita dapat dipasarkan secara luas hanya dengan mengandalkan telepon genggam yang punya fasilitas kamera dan internet," katanya.

Dia menambahkan pelatihan serupa akan kembali dilakukan tahu ini dengan dukungan Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI.

Pemkab Jayapura, Papua mengharapkan pelaku UMKM orang asli Papua (OAP) dapat memanfaatkan internet untuk mempromosikan produk yang dihasilkan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News