Pemkab Jayapura Ingatkan Warga Potensi Longsor Saat Musim Hujan

Kamis, 25 Juli 2024 – 10:18 WIB
Pemkab Jayapura Ingatkan Warga Potensi Longsor Saat Musim Hujan - JPNN.com Papua
Kepala BPBD Kabupaten Jayapura Jan Willem Rumere. Foto: ANTARA/Yudhi Efendi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan warga terhadap potensi tanah longsor saat musim hujan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jayapura Jan Willem Rumere mengatakan daerah ini saat ini memasuki musim hujan sehingga warga harus meningkatkan kewaspadaan.

“Warga kami kan banyak bermukim di lereng bukit, gunung dan saat ini musim terus-menerus beberapa hari maka potensi longsor itu ada sehingga warga harus hati-hati,” kata Willem Rumere di Sentani, Kamis (25/7).

Menurut Rumere, mengapa hal ini terus diingatkan karena lingkungan khususnya hutan telah dialihfungsikan menjadi lahan perkebunan atau pertanian.

“Pohon-pohon besar yang biasanya dapat menahan air sudah tidak ada dan ketika hujan lebat dalam beberapa hari hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk mencegah kemungkinan terburuk sebaiknya warga dapat mengungsi ke tempat lebih aman ketika hujan lebat dalam beberapa waktu terakhir.

“Kami mengkhawatirkan itu ketika hujan lebat disertai angin terjadi di malam hari, maka imbauan ini wajib disampaikan supaya sedini mungkin meminimalisir korban jiwa,” katanya.

Dia menambahkan selain imbauan kepada warga di lereng gunung, bantaran sungai/kali, wilayah pesisi3 supaya lebih meningkatkan kewaspadaannya saat musim hujan.

Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengingatkan warga terhadap potensi tanah longsor saat musim hujan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia