RPJPD Papua 2025-2045 Fokus pada 3 Sektor Termasuk Pendidikan

Selasa, 30 Januari 2024 – 19:19 WIB
RPJPD Papua 2025-2045 Fokus pada 3 Sektor Termasuk Pendidikan - JPNN.com Papua
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Yohanis Walilo. Foto: ANTARA/Qadri Pratiwi

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Pemprov Papua menyebutkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 akan fokus pada tiga sektor, yakni pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua Yohanis Walilo mengatakan penyusunan RPJPD merupakan awal pembahasan sehingga tiga sektor tersebut yang menjadi fokus pembangunan jangka Panjang.

“Jika berbicara manusia pasti arahnya ke tiga sektor itu, sementara sektor lain menjadi pelengkap dari ketiga sektor tersebut,” katanya.

Menurut Yohanis, seperti contohnya di sektor pendidikan, yang mana pembangunan jangka panjang difokuskan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

“Dengan demikian, ke depan anak-anak Papua tidak perlu lagi kuliah di luar daerah atau bahkan di luar negeri,” ujar Yohanis yang juga menjabat Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua.

Dia menjelaskan mungkin selama ini kualitas pendidikan di Papua belum maksimal. Untuk itu melalui pembahasan RPJPD diharapkan ke depan pendidikan lebih baik lagi dengan begitu dari sisi pembiayaan dan waktu lebih efektif.

“Penyusunan RPJPD Papua tetap diselaraskan dengan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) termasuk keselarasan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” katanya.

Dia menambahkan semua itu nantinya akan dilihat berdasarkan indikator dari RPJPN dan RIPPP itu sehingga perlu di diskusikan sebelum RPJPD ditetapkan dan dijalankan.(antara/jpnn)

Pemprov Papua menyebutkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 akan fokus pada tiga sektor, termasuk pendidikan.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News