Sekolah Taruna Papua Gembleng Bocah dari Suku Terpencil Jadi SDM Unggul

Rabu, 28 Agustus 2024 – 11:45 WIB
Sekolah Taruna Papua Gembleng Bocah dari Suku Terpencil Jadi SDM Unggul    - JPNN.com Papua
Sekolah Asrama Taruna Papua berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Foto: Dok. Sekolah Asrama Taruna Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kualitas sumber daya manusia di Papua masih menjadi persoalan serius. Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) menjadi salah satu upaya untuk membentuk anak-anak asli Papua menjadi SDM berkualitas.

===

SEKOLAH Asrama Taruna Papua berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Lembaga pendidikan yang dikelola Yayasan Lokon itu beralamat di Jalan Kutipang SP IV Jalur 6, Mimika.

“Kami memiliki sekolah dasar dan dan sekolah menengah pertama,” ujar Wakil Kepala SATP Franco Irahewa.

Baik SD maupun SMP berasrama itu telah terakreditasi A (unggul) berdasar sertifikasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

SATP tidak hanya menyediakan ruang kelas dan tempat tinggal, tetapi juga berbagai fasilitas, termasuk lapangan sepak bola dan kolam renang.

“Luas kompleks sekolah ini 9,8 hektare,” tutur Franco.

Awalnya, pada 2019 jumlah anak didik di sekolah itu masih 291 murid yang terdiri atas 175 siswa dan 116 siswi. Dari tahun ke tahun jumlahnya bertambah.

Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP) menjadi salah satu upaya untuk membentuk anak-anak asli Papua menjadi SDM berkualitas.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia