Polda Papua Antisipasi 13 Daerah Rawan Gangguan KKB

Jumat, 01 Desember 2023 – 07:18 WIB
Polda Papua Antisipasi 13 Daerah Rawan Gangguan KKB - JPNN.com Papua
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Adi Prabowo. Foto: ANTARA/HO-Humas Polda Papua

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kepolisian Daerah Papua mengantisipasi 13 daerah rawan gangguan keamanan pada 1 Desember 2023 yang kerap diperingati sebagai HUT OPM.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Adi Prabowo mengatakan 13 wilayah rawan konflik meliputi basis KKB sehingga pihaknya harus bersinergi dengan TNI untuk meningkatkan patroli keamanan.

“Aparat gabungan TNI dan Polri terus memantau pergerakan KKB dengan meningkatkan patroli keamanan dan penegakan hukum bagi kelompok yang kerap melakukan aksi teror dan penembakan terhadap aparat keamanan dan warga setempat," kata Kombes Benny di Jayapura, Kamis (30/11).

Menurut Benny, 13 daerah tersebut meliputi Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya, Jayawijaya, Tolikara, Dogiyai, Paniai, Intan Jaya, Yalimo dan Kota Jayapura.

“Selain basis KKB, daerah-daerah tersebut juga masuk dalam peta rawan konflik pada Pemilihan Kepala Darah (Pilkada) 2024," ujarnya.

Dia menjelaskan upaya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas menjelang 1 Desember, Polda Papua telah melaksanakan sejumlah langkah, salah satunya meningkatkan patroli.

“Ini bertujuan memberikan rasa aman bagi masyarakat dari gangguan KKB," katanya lagi.Tokoh Masyarakat Jayapura, Papua Neles Monim mengatakan pihaknya mengajak seluruh masyarakat di daerah itu untuk tidak memperingati HUT OPM itu.

"Kami juga berharap supaya aparat keamanan dapat menindak tegas kelompok -kelompok yang menghambat pembangunan di Papua," kata Benny.(antara/jpnn)

Kepolisian Daerah Papua mengantisipasi 13 daerah rawan gangguan keamanan pada 1 Desember 2023 yang kerap diperingati sebagai HUT OPM.

Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia