Kementerian ESDM Mendukung Inovasi untuk Pengembangan  Potensi Energi Laut

Rabu, 06 Desember 2023 – 10:42 WIB
Kementerian ESDM Mendukung Inovasi untuk Pengembangan  Potensi Energi Laut - JPNN.com Papua
Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana saat acara "Temu Netizen ke-18 Road to Hari Nusantara 2023: Oceanovation" di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (4/12/2023). Foto: ANTARA/HO-Kementerian ESDM

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung inovasi untuk mengembangkan potensi energi wilayah laut di Indonesia sebagai sumber energi bagi masyarakat kepulauan.

Kementerian ESDM terus berupaya menyediakan energi bagi masyarakat dari Sabang hingga Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Wilayah laut Indonesia menyimpan potensi sumber daya ESDM yang besar dan dapat dikembangkan sebagai sumber energi masyarakat kepulauan," kata Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (5/12).

Hal tersebut disampaikannya saat acara Temu Netizen ke-18 Road to Hari Nusantara 2023: Oceanovation, di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (4/12).

Adapun, puncak peringatan Hari Nusantara 2023 digelar di Pulau Tidore, Maluku Utara pada 13 Desember.

Temu netizen bertema Oceanovation, gabungan dari frasa ocean and innovation. Harapannya, melalui acara tersebut akan memberikan semangat berkontribusi, melahirkan ide, gagasan, dan inovasi baru untuk mendukung pengembangan kemaritiman nasional.

"Maka dari itu yang diundang adik-adik yang secara usia masih muda, biasanya memiliki inovasi-inovasi, kreativitas, bagaimana kita akan mengisi khususnya dari sektor ESDM untuk memperkuat, untuk mengisi, dan untuk menyukseskan program pemerintah terkait dengan kemaritiman," ujar Dadan.

Penyediaan energi menjadi tugas utama Kementerian ESDM, termasuk mengelola sumber energi yang ada di wilayah laut Indonesia dan menunjang kebutuhan sektor lain agar energi tetap mudah dijangkau, meningkatkan akses melintasi, dan mengembangkan ekonomi pulau-pulau terluar di Indonesia.

Kementerian ESDM melalui Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan (BBSPGL) mencatat potensi (praktis) energi laut yang dimiliki Indonesia sekitar 63 gigawatt (GW) terdiri atas ocean thermal energy conversion/OTEC (41 GW), energi arus laut (20 GW), dan energi gelombang laut (2 GW).

Kementerian ESDM mendukung inovasi untuk mengembangkan potensi energi wilayah laut di Indonesia sebagai sumber energi bagi masyarakat kepulauan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia