Ombudsman RI Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Papua

Senin, 04 Desember 2023 – 22:02 WIB
Ombudsman RI Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Papua - JPNN.com Papua
Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Papua Yohanis Rusmanta. Foto: ANTARA/Ardiles Leloltery

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di empat provinsi, salah satunya melalui workshop pengembangan jaringan pengawas di tingkat kementerian, lembaga dan pemerintah daerah setempat.

“Kami berharap melalui kegiatan ini kami bisa mengawal pelayanan publik di Papua bersama-sama untuk bagaimana meningkatkan kualitas dan memperbaiki pelayanan yang belum berjalan maksimal,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua Yohanis Rusmanta di Jayapura, Senin (4/12).

Menurut Rusmanta, tujuan dari workshop pengembangan jaringan pengawas tingkat kementerian, lembaga dan pemerintah daerah di Provinsi Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan agar ke depan empat provinsi tersebut bisa mempunyai unit khusus yang mengelola pengaduan.

“Namun, ada juga satu bagian khusus atau narahubung untuk melakukan pengawasan khusus kepada pelayanan publik secara internal dan hubungannya dengan eksternal," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, jika kendala yang ada pada setiap instansi atau lembaga terkait dengan pelayanan publik itu bisa dilakukan komunikasi dengan Ombudsman.

"Kami tidak bisa melihat dari luar saja, tetapi setiap kendala yang terjadi di internal instansi terkait bisa dikomunikasikan dengan Ombudsman sehingga dapat dicari solusi bagaimana perbaikan ke depan,” kata Rusmanta.

Dia menambahkan tujuan dari kegiatan ini juga untuk membantu setiap lembaga dan pemerintah daerah agar bisa memperbaiki pelayanan yang masih kurang supaya ke depan semakin lebih baik.

"Yang penting dari setiap lembaga atau instansi, baik pemerintah daerah, kementerian yang ada di Papua terus melakukan koordinasi dengan kami," ujarnya.

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Papua mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di Provinsi Papua.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News