Keren, Laboratorium LS Pro BSIP Papua Barat Pertama di Indonesia Timur

Sabtu, 02 Desember 2023 – 08:48 WIB
Keren, Laboratorium LS Pro BSIP Papua Barat Pertama di Indonesia Timur - JPNN.com Papua
Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Triningsih Herlinawati. Foto: ANTARA/Fransiskus Salu Weking

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyebut laboratorium Lembaga Sertifikasi Produk (LS Pro) Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Provinsi Papua Barat menjadi yang pertama di wilayah timur Indonesia.

"Wilayah timur Indonesia belum ada LS Pro seperti yang dimiliki oleh BSIP Papua Barat," kata Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN Triningsih Herlinawati di Manokwari, Jumat (1/12).

Menurut dia, pembentukan laboratorium Lembaga Sertifikasi Produk berstandar ISO 17065 oleh BSIP Papua Barat akan menjadi role model penjaminan mutu komoditas unggulan pertanian di kawasan timur Indonesia.

Oleh sebab itu, BSN senantiasa berkolaborasi dan memberikan pendampingan bagi BSIP Papua Barat melalui pra-audit implementasi dokumen sistem mutu LS Pro guna memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

"BSN mendorong agar laboratorium LS Pro BSIP Papua Barat lebih profesional setelah terakreditasi, dan produk UMKM naik kelas," ucap dia.

Selain itu, kata Triningsih, kehadiran laboratorium LS Pro BSIP Papua Barat berdampak positif pada perluasan pasar komoditas pertanian unggulan melalui penjaminan mutu Standar Nasional Indonesia (SNI) dan peningkatan nilai ekspor komoditas pertanian.

Triningsih mengemukakan bahwa SNI menjadi acuan transaksi pasar memilih produk berkualitas sekaligus membantu konsumen terbebas dari produk yang berbahaya bagi keselamatan hidup, kesehatan, ataupun keberlangsungan lingkungan.

"Biaya yang dikeluarkan pelaku UMKM untuk dapatkan mutu produk lebih efisien dan lebih cepat karena selama ini tidak ada laboratorium di Tanah Papua," ujar dia.

BSN menyebut laboratorium Lembaga Sertifikasi Produk (LS Pro) BSIP Kementerian Pertanian Provinsi Papua Barat menjadi yang pertama di wilayah timur Indonesia.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia