OPM Habisi Pilot Glen Malcolm, Letjen Richard: Biadab

Selasa, 06 Agustus 2024 – 18:57 WIB
OPM Habisi Pilot Glen Malcolm, Letjen Richard: Biadab - JPNN.com Papua
Personel Satgas TNI mengevakuasi jenazah Pilot Glen Malcolm Conning yang tewas akibat ditembak OPM. Jenazah Alm. Glen selanjutnya dibawa ke Timika pada Selasa (6/8/2024). Foto: Penerangan Kogabwilhan III

papua.jpnn.com, JAYAPURA - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan) Letnan Jenderal TNI Richard Tampubolon mengecam aksi biadab organisasi Papua Merdeka (OPM) yang mengakibatkan Pilot PT Intan Angkasa, Glen Malcolm Conning meninggal dunia pada Senin (5/8/2024).

“Aksi OPM yang mengakibatkan Pilot Glen Malcolm Conning meninggal dunia itu biadab. Tindakan tidak berperikemanusiaan,” ujar Letjen Richard dalam keterangan tertulis Bagian Penerangan Kogabwilhan III pada Selasa (6/8/2024).

Untuk diketahui, Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali melancarkan aksinya dalam mengganggu keamanan wilayah Papua, termasuk di wilayah Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Pada hari Senin (5/8), berdasarkan penyampaian saksi mata di lapangan mengatakan bahwa seorang Pilot PT Intan Angkasa, Glen Malcolm Conning, meninggal dunia di dalam helikopter yang telah mendarat.

Helikopter yang mengangkut para tenaga kesehatan (Nakes) tersebut bertujuan mengantarkan para Nakes melaksanakan tugas pelayanan kesehatan bagi para warga Distrik Alama.

Merespons situasi tersebut, aparat keamanan segera mengambil langkah pengamanan wilayah dan menyusun rencana evakuasi jenazah dari lokasi kejadian untuk dibawa ke Timika guna penanganan jenazah lebih lanjut.

Sejak Senin sore setelah insiden, Apkam (aparat keamanan, red) berusaha mengirimkan helikopter dan personel untuk melakukan evakuasi jenazah, namun terkendala cuaca hujan dan awan gelap yang menutup wilayah Distrik Alama kompleks.

Akhirnya, hari Selasa (6/8) pagi, Tim Evakuasi Apkam berhasil menembus kendala cuaca maupun potensi ancaman tembakan OPM ke lokasi jenazah Almarhum Glen berada. Pukul 12.48 WIT, helikopter TNI yang membawa jenazah Alm. Glen berhasil mendarat dengan aman di Lanud Yohanis Kapiyau Mimika.

Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon mengecam aksi biadab OPM yang mengakibatkan Pilot Glen Malcolm tewas .
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia