DBH Migas Naik Signifikan, Filep: Perjuangan Ini untuk Masyarakat OAP dan Generasi Mendatang

Jumat, 10 November 2023 – 20:02 WIB
DBH Migas Naik Signifikan, Filep: Perjuangan Ini untuk Masyarakat OAP dan Generasi Mendatang - JPNN.com Papua
Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma selaku Ketua Tim Penyusunan dan Pembahasan UU Otsus Nomor 2 tahun 2022 dari DPD RI. Foto: Humas DPD RI

papua.jpnn.com, MANOKWARI - Senator Papua Barat Dr. Filep Wamafma selaku Ketua Tim Penyusunan dan Pembahasan UU Otsus Nomor 2 tahun 2022 dari DPD RI menyampaikan perjuangan mengusulkan kenaikan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas sebagai Hak Milik Orang Papua telah berhasil ditunaikan.

Hasilnya, kata dia, APBD Provinsi dan Kabupaten se-Papua Barat mengalami kenaikan signifikan.

“Berjuang bersama rakyat, kami dari DPD RI di antaranya mengusulkan kenaikan besaran Dana Bagi Hasil (DBH) Migas untuk masyarakat di daerah. Distribusi DBH Migas ini sesuai dengan mekanismenya dalam rangka menunjang sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur hingga pemberdayaan masyarakat setempat,” ungkap Filep, Jumat (10/11/2023).

Dia menilai hal ini bukti nyata implementasi Pasal 34 ayat (3) huruf b angka 4 dan 5  UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan UU Otsus dan Pasal 34 PP Nomor 107 Tahun 2021.

“DBH Migas ini akan terus dinikmati oleh anak cucu OAP. Saya tegaskan, inilah aksi nyata bagi generasi masa depan OAP,” kata Filep.

Filep lantas merincikan pada tahun 2022, realisasi pendapatan APBD sebesar Rp 8,31 Triliun lantaran kontribusi realisasi komponen pendapatan transfer sebesar Rp 7,11 triliun termasuk transfer DBH Migas.

“Kemudian, dari 7,11 Triliun itu, DBH Migas menyumbang sebesar 1,5 Triliun. Inilah dampak dari amandemen UU Otsus yang menghasilkan kenaikan APBD secara signifikan karena penambahan DBH Migas,” ungkap Pace Jas Merah ini.

Menurut Filep, pada tahun 2022, APBD setiap Kabupaten di Papua Barat juga naik signifikan karena ada tambahan DBH Migas sebesar Rp 29,5 miliar per kabupaten, kecuali Bintuni sebesar Rp 329 miliar dan Sorong sebesar Rp 48,2 miliar.

Senator Filep Wamafma mengatakan perjuangan mengusulkan kenaikan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas sebagai Hak Milik Orang Papua telah berhasil ditunaikan.
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News