Kabar Gembira dari Menko PMK untuk RSUD Dekai Yahukimo

Jumat, 10 November 2023 – 18:48 WIB
Kabar Gembira dari Menko PMK untuk RSUD Dekai Yahukimo - JPNN.com Papua
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berbincang dengan pasien yang dirawat di RSUD Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Jumat (10/11/2023). Foto: ANTARA/Asep Firmansyah

papua.jpnn.com, YAHUKIMO - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyampaikan kabar gembira terkait status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.  

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan akan membantu upaya menaikkan status RSUD Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan dari Tipe D menjadi Tipe C.

“Nanti akan kami bantu untuk naikkan kelas, karena itu baru tipe D. Masa di kabupaten satu-satunya RS tipenya cuma D,” kata Menko Effendy selepas meninjau RSUD Dekai, Jumat (10/11).  

Dalam agenda kerja ke Papua, Muhadjir berkunjung ke sejumlah tempat. Setelah menggelar pertemuan dengan Bupati Yahukimo, Menko PMK meninjau satu-satunya rumah sakit yang ada di Kabupaten Yahukimo. 

Di RSUD Dekai, Muhadjir meninjau fasilitas serta berbincang dengan sejumlah pasien yang tengah menjalani perawatan. 

Ketika berbincang dengan pengurus rumah sakit, diketahui RSUD Dekai mengalami kekurangan tenaga medis, peralatan medis, hingga pasokan listrik yang mengandalkan generator set (genset).

Bahkan jika pasien membutuhkan cuci darah ataupun CT Scan harus dirujuk ke rumah sakit yang ada di Jayapura. Sementara aksesibilitas dari Yahukimo ke Jayapura hanya bisa melalui jalur udara dan membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Muhadjir mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk menutupi berbagai kekurangan tersebut.

Kemenko PMK menyampaikan kabar gembira terkait status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. 
Facebook JPNN.com Papua Twitter JPNN.com Papua Pinterest JPNN.com Papua Linkedin JPNN.com Papua Flipboard JPNN.com Papua Line JPNN.com Papua JPNN.com Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News